Perwakilan BKKBN Provinsi Lampung-DP2KBP3A Lambar Gelar Fasilitasi dan Pembinaan Kampung KB

Perwakilan BKKBN Provinsi Lampung-DP2KBP3A Lambar Gelar Fasilitasi dan Pembinaan Kampung KB

--

BACA JUGA:Tahapan Terakhir, Pansel JPTP Lampung Barat Lakukan Penilaian Makalah-Wawancara

Lanjut dia, seiring dengan diterbitkannya Inpres Nomor 3 Tahun 2022, maka ada pergeseran paradigma yaitu dari kuantitas menjadi kualitas.

“Kampung Keluarga Berkualitas dikembangkan sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang menekankan pada penguatan institusi keluarga dan masyarakat melalui intervensi program dan kegiatan dengan pendekatan siklus kehidupan manusia,” kata dia

“Bagi individu adalah kualitas SDM yang sehat, cerdas dan sejahtera. Sedangkan bagi  keluarga, orientasinya adalah keluarga yang tentram, mandiri dan bahagia sesuai dengan Indek Pembangunan Keluarga (IBangga) yang telah ditetapkan terdiri tiga komponen yaitu Tentram, Mandiri dan Bahagia,” tambahnya.

Lebih jauh dia mengatakan, terdapat empat sasaran yang dituangkan dalam Inpres ini yaitu (1) data dan dokumen kependudukan, (2) Perubahan perilaku (mindset) di dalam keluarga, yaitu peran keluarga dalam membesarkan dan membangun karakter SDM sangat penting sekali, (3) Peningkatan cakupan layanan dan rujukan keluarga khususnya layanan pendidikan dan pelayanan kesehatan, dan (4) Penataan lingkungan, lebih ditekankan pada rumah layak huni, jamban dan air bersih.

BACA JUGA:DAK Fisik di Lampung Barat Terserap Rp20,871 Miliar

Kampung Keluarga Berkualitas dimaknai sebagai sebuah Kampung yang terdiagnosis dengan baik, memiliki data-data yang lengkap, sehingga memudahkan dalam intervensi bagi lembaga/kementerian maupun pemerintah setempat.

“Melalui forum ini, diharapkan dapat diperoleh pemahaman yang sama, sehingga terbangun komitmen dalam memperkuat kolaborasi program dan anggaran baik di tingkat pemerintah daerah maupun di lapangan,” tegas dia.

Melalui berbagai program berbasis desa lintas sektor misalnya Desa Mandiri, Desa Sejahtera, Desa Tangguh Bencana, Desa Siaga, Desa Keluarga Sakinah, Desa Inovasi, Lapangan Desa, Agroindustri Pedesaan, Desa Wisata, Desa Industri Mandiri, Desa Mandiri Energi, Kampung Iklim, Pasar Rakyat, Satu Desa Satu Produk, Desa Pesisir Tangguh, TMMD, Desa Sadar Hukum, Program Pengembangan Infrastruktur Sosial Ekonomi Wilayah (PISEW) dan Bedah Rumah dan program strategis lainya sesuai dengan program prioritas daerah.

“Sesuai amanat Inpres, bahwa seluruh desa menjadi Kampung yang Berkualitas, sehingga nanti dalam pelaksanaanya terbangun sebuah kolaborasi dalam intervensi program oleh dinas dan lintas sektor terkait dalam mewujudkan Kampung Keluarga Berkualitas yang mandiri dan paripurna,” tutupnya. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: