Indonesia Inisiatif Ajukan Solusi Mengakhiri Konflik Israel - Palestina

Indonesia Inisiatif Ajukan Solusi Mengakhiri Konflik Israel - Palestina

--

MEDIALAMPUNG.CO.ID - Presiden Joko Widodo mengajukan empat solusi dalam menyelesaikan agresi Israel ke wilayah pendudukan Palestina di Jalur Gaza dalam KTT Arab-Islam di Riyadh, Arab Saudi. 

Solusi yang diajukan oleh Indonesia ini diharapkan dapat diterapkan sehingga bisa menghentikan invasi Israel ke Gaza.

Berikut 4 inisiatif Indonesia dalam KTT Arab-Islam.

Pertama, Gencatan senjata ini harus segera dapat dilakukan. Alasan Israel bahwa ini sebuah pembelaan diri yang tidak dapat diterima.

BACA JUGA:Fatwa MUI Soal Hindari Produk Israel

"Tidak lain adalah sebuah collective punishment dan kita semua harus mencari jalan supaya Israel segera melaksanakan gencatan senjata," ucap Jokowi.

Kedua, Mengadili Kejahatan Perang yang sudah dilakukan Israel.

OKI harus menggunakan semua untuk menuntut pertanggungjawaban Israel terhadap kekejaman pada kemanusiaan yang telah dilakukan, misalnya mendesak diberikannya akses kepada Komisi Penyelidikan Internasional Independen yang berada di Wilayah pendudukan Palestina yang membentuk Dewan HAM PBB untuk melaksanakan mandatnya, serta mendorong terus proses Advisory Opinion di Mahkamah Internasional.

Tiga,Bantuan Kemanusiaan Harus dipercepat dan dipermasalahkan.

BACA JUGA:Kendaraan Mati Pajak Tidak akan Bisa Lagi Mengisi BBM di SPBU

Negara-negara OKI harus memodifikasi mekanisme bantuan lebih sehingga dapat diprediksi dan berkelanjutan. 

Presiden juga menyampaikan bahwa Indonesia juga mengirimkan bantuan, ke depannya akan dapat menambahkan bantuan-bantuan berikutnya.

Contohnya kemanusiaan yang dilakukan Israel, yang menjadikan rumah sakit sebagai sasaran, termasuk rumah sakit Indonesia.

Rumah sakit Indonesia saat ini kehabisan bahan bakar dan hal mengurangi kemampuan rumah sakit untuk melayani masyarakat yang sangat memerlukan bantuan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: