Hadiri MT2QM Tingkat Provinsi, Ini Kata Kakanwil Kemenag Lampung

Hadiri MT2QM Tingkat Provinsi, Ini Kata Kakanwil Kemenag Lampung

--

MEDIALAMPUNG.CO.ID - Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Lampung Puji Raharjo menghadiri pembukaan Musabaqah Tilawah dan Tahfidz Al Quran Madrasah (MT2QM) Ke-III Tingkat Provinsi Lampung Tahun 2023, Kamis 9 November 2023.

Kegiatan yang digelar sejak tanggal 9 hingga 12 November 2023 ini diselenggarakan di Pondok Pesantren Darussa’adah Kabupaten Lampung Tengah.

Adapun perlombaan dilaksanakan dengan tiga mimbar diantaranya adalah, Mimbar 1 untuk cabang Tartil Al Quran, Tilawah Al Quran. Kemudian Mimbar 2 untuk cabang Hafalan Surat Pendek, Tahfizh 1 Juz + Tilawah, Tahfizh 5 Juz + Tilawah, serta Mimbar 3 yaitu Tahfizh 1 Juz, 3 Juz, dan Tahfizh 5 Juz. 

Dalam sambutannya Kakanwil Puji Raharjo mengungkapkan bahwa MT2QM merupakan satu-satunya tradisi musabaqah pada madrasah di Indonesia. 

BACA JUGA:Terkait akan Adanya Pendataan Kendaraan Menunggak Pajak di Lampung, Ini Kata Gubernur Arinal

“Agenda ini hanya ada di Provinsi Lampung sebagai upaya untuk menjaga agar tidak kesulitan mencari imam dan pemimpin agama di tengah-tengah lingkungan kita,” katanya. 

Pada kesempatan tersebut Kakanwil mengucapkan terima kasih kepada Gubernur yang sangat peduli pada budaya mengaji di Provinsi Lampung. 

“Hal ini tentu menjadi sebuah sinergi yang baik bagi kami yang bergerak di bidang keagamaan. Mudah-mudahan upaya kita bersama ini dapat semakin mendorong untuk terus maju,” ucapnya.

“Atas nama masyarakat Lampung saya juga ingin mengucapkan terimakasih atas ikhtiar dan upaya dari Pemerintah Provinsi Lampung sehingga salah satu tokoh telah ditetapkan sebagai pahlawan nasional, yakni Kiai Haji Ahmad Hanafiah. Ini menurut saya merupaka kebanggan yang luar biasa. Karena tokoh pahlawan nasional ini bergerak dengan basis keagamaan yang kuat dan tentu dapat menjadi teladan bagi kita untuk terus berjuang menorehkan kebaikan demi kemaslahatan umat,” sambungnya.

BACA JUGA:BP3MI Lampung Raih Penghargaan Kategori Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran Terbaik

Puji juga menyampaikan terimakasih kepada Bupati Lampung telah memfasilitasi dan banyak berupaya atas terselenggaranya MT2QM tahun 2023 .

“Terima kasih juga kepada Bupati Lampung Tengah yang telah memfasilitasi dan banyak berupaya atas terselenggaranya MT2QM tahun 2023 ini. Kami atas nama Kementerian Agama mengucapkan terimakasih juga karena sudah memfasilitasi untuk pendirian Madrasah Ibtidaiyah Negeri di Kabupaten Lampung Tengah,” ungkapnya.

Sebelumnya, Kepala Bidang Madrasah Kanwil Kemenag Provinsi Lampung Ahmad Rifa'I selaku Ketua Panitia melaporkan bahwa peserta MT2QM Tingkat Provinsi Lampung Tahun 2023 adalah pemenang utusan dari Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota se Lampung. 

“Dengan jumlah 283 siswa madrasah, rinciannya yaitu, Ra sebanyak 27 siswa, MI 88 siswa, MTs 84 siswa, serta MA 84 siswa. Adapun hadiah perlombaan berupa medali, sertifikat, uang pembinaan dan trofi juara umum,” bebernya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: