Kapolres Lambar Berikan Materi Wawasan Kebangsaan ke Siswa MAN 1 Lambar

Kapolres Lambar Berikan Materi Wawasan Kebangsaan ke Siswa MAN 1 Lambar

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Kapolres Lampung Barat AKBP Heri Sugeng Priyantho, S.I.K., M.H., memberikan materi wawasan kebangsaan, kenakalan remaja, bahaya narkoba dan safety riding pada kegiatan police goes to school yang dilaksanakan di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Lampung Barat pada Rabu (8 November 2023).

Dalam materinya, AKBP Heri Sugeng Priyantho menyampaikan ada beberapa hal penting yang harus ditanamkan kepada generasi muda, mulai dari nilai agama, kejujuran, toleransi, disiplin hingga semangat kebangsaan.

“Sangat penting untuk ditanamkan kepada generasi muda nilai agama, kejujuran, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, kemerdekaan, demokrasi, rasa ingin tahu serta semangat kebangsaan,” tuturnya di hadapan ratusan siswa tersebut.

Ia mengingatkan bahwa generasi muda juga harus memahami wawasan kebangsaan sebagai cara pandang bangsa mengenai jati diri dan tanah airnya, dimana persatuan dan kesatuan jadi sebuah keutamaan.

BACA JUGA:2.296 Anggota Satlinmas Disiapkan Bantu Pengamanan Pemilu 2024

“Wawasan kebangsaan adalah sebuah cara pandang bangsa Indonesia mengenai jati diri sendiri dan tanah airnya sebagai negara yang mengutamakan persatuan dan kesatuan dalam penyelenggaraan kehidupan berbangsa, bernegara dan bermasyarakat,” pesannya.

Pada materi lainnya AKBP Heri Sugeng juga berpesan kepada siswa agar menjauhi kenakalan remaja dan narkoba serta mengingatkan kepada para peserta didik untuk menghindari pembullyan diluar maupun didalam sekolah, tidak mengendarai kendaraan bermotor dibawah umur, serta tidak terlibat pergaulan bebas serta tidak terlibat dapat pencurian.

“Usia seperti kalian ini memang usia rentan untuk mencoba hal-hal yang baru dan mudah terbawa suasana, maka dari itulah pentingnya mengontrol diri sendiri dan membekali iman dan taqwa agar kita terhindar dari hal-hal negatif dimulai dari sejak usia sekarang,” tutupnya.

Terakhir acara dilanjutkan dengan safety riding, dimulai dengan penyampaian materi rambu lalu lintas oleh Kasat Lantas Polres Lambar Iptu David Pulner, S.H.,M.M. dan membagikan doorprize berupa helm SNI bagi siswa atau siswi yang dapat menjawab pertanyaan yang diajukan dari kasat lantas serta membagikan sim gratis bagi siswa/siswi yang lulus ujian safety riding dan telah mencapai cukup usia dengan dibuktikan telah memiliki KTP.

BACA JUGA:Kajari Lampung Barat M. Zainur Rochman Resmi Bertugas

Menutup kegiatan itu, Iptu David Pulner berharap dengan diadakannya kegiatan safety riding ini diharapkan mampu memberikan ataupun menambah wawasan kepada siswa dan siswi tentang cara berkendara yang baik dan benar.

“Selain itu juga materi yang disampaikan mulai dari Pak Kapolres sampai dengan Satlantas tadi kiranya dapat dijadikan pedoman hidup bagi peserta didik dalam berkehidupan sehari-hari,” harapnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: