RAPBD Pesisir Barat Tahun 2024, 6 Fraksi Sampaikan Pandangan Umum

RAPBD Pesisir Barat Tahun 2024, 6 Fraksi Sampaikan Pandangan Umum

--

PESBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - DPRD Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) menggelar rapat paripurna penyampaian pandangan umum fraksi-fraksi DPRD Pesbar terhadap rancangan peraturan daerah (Ranperda) Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten setempat tahun anggaran  2024 di ruang rapat paripurna gedung DPRD setempat, Selasa (31 Oktober 2023).

Paripurna dipimpin Wakil Ketua II Ali Yudiem, didampingi Ketua DPRD Pesbar Agus Cik, Wakil Ketua I Ripzon Efendi serta dihadiri anggota DPRD setempat. 

Selain itu hadir juga Bupati Pesbar Dr.Drs.Agus Istiqlal, S.H, M.H., Wakil Bupati Pesbar A.Zilqoini Syarif, S.H., Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab setempat, unsur Forkopimda dan undangan terkait lainnya.

Dalam kesempatan itu, Hendrik Gunawan, saat menyampaikan pandangan umum Fraksi NasDem, menjelaskan bahwa, Fraksi NasDem berharap perlu membuat skala prioritas program kegiatan dan efisiensi  program kegiatan pada Tahun Anggaran 2024, dan perlu peningkatan kreativitas program terpadu antar OPD, sehingga percepatan dan pengoptimalan dalam rangka peningkatan pendapatan asli daerah bisa tercapai dengan maksimal.

BACA JUGA:Dinkes Pesisir Barat Gelar Penyampaian Laporan Hasil Studi EHRA

“Pemkab Pesbar perlu melakukan terobosan kreatif dan inovatif dalam peningkatan pendapatan daerah, karena selama  ini dukungan pendapatan Kabupaten Pesbar di support dari pendapatan transfer yang mencapai Rp727.735.688.135,-,” katanya.

Ditambahkannya, Fraksi NasDem juga berharap dalam meningkatkan pendapatan asli daerah pada Kabupaten Pesbar, perlu kinerja yang lebih giat lagi dari pada OPD untuk menempatkan SDM yang mempunyai kapasitas dan kapabilitas dalam pencapaian pendapatan asli daerah. 

Sementara itu, terkait dengan peningkatan kualitas sumber daya manusia Fraksi NasDem berpendapat bahwa Pemkab perlu melakukan langkah-langkah yang progressive terkait dengan penganggaran untuk program, kegiatan dan kerjasama dengan berbagai stakeholder untuk dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Kabupaten Pesbar.

“Kami meminta agar satuan kerja perangkat daerah bekerja keras dan bergerak cepat, cermat dan tepat serta untuk dapat menjemput bola baik di Provinsi maupun di Pusat sehingga dalam melaksanakan program dan kegiatan sehingga target-target hendak dicapai terpenuhi serta serapan anggaran bisa dimaksimalkan,” ujarnya.

BACA JUGA:Meriahkan HUT Perwosi ke-3 Kecamatan Way Tenong Akan Gelar Jalan Sehat

Sementara itu, pandangan Fraksi PDI Perjuangan melalui juru bicaranya, Mad Muhizar, mengatakan bahwa Fraksi PDI Perjuangan menyarankan agar dalam rangka mewujudkan pemerintahan yang baik (good governance) dan pemerintahan yang bersih (clean governance), sesuai dengan ketentuan atau peraturan yang berlaku, maka Pemkab hendaknya mampu membuktikan kinerja secara nyata dan transparan.

“Fraksi PDI Perjuangan meminta kepada Pemkab Pesbar dalam mengusulkan setiap anggaran daerah hendaknya senantiasa harus dilakukan sinkronisasi dan harmonisasi dengan peraturan daerah. Sehingga terhindar dari duplikasi atau tumpang tindihnya suatu kegiatan yang didanai dari berbagai sumber,” katanya.

Kemudiannya, Fraksi PKB dalam pandangan umumnya yang disampaikan Riza Pahlevi, mengatakan, Fraksi PKB menyetujui target APBD tahun anggaran 2024 sebesar Rp784.132.746.059,- dengan demikian Fraksi PKB berharap realisasi anggaran tahun 2024 nanti tidak menimbulkan defisit anggaran yang cukup tinggi. 

Dalam mencermati anggaran tersebut salah satu belanja operasi kita yakni belanja pegawai sebesar Rp363.592.382.245,-.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: