Cegah Dampak Negatif Rokok bagi Remaja, Riana Sari Buka Seminar Kesehatan Bertema

Cegah Dampak Negatif Rokok bagi Remaja, Riana Sari Buka Seminar Kesehatan Bertema

--

MEDIALAMPUNG.CO.ID - Ketua Yayasan Jantung Indonesia (YJI) Lampung Riana Sari Arinal membuka Seminar untuk Remaja, dengan tema "Keren Tanpa Rokok", di Hotel Horison, Jum'at 27 Oktober 2023.

Mengawali sambutannya, Riana mengungkapkan bahwa berdasarkan laporan organisasi kesehatan dunia (WHO) perokok berusia di atas 15 tahun sebanyak 991 juta orang pada tahun 2020.

Hal tersebut menunjukan penurunan sebanyak 3,41%, atau sekitar 35 juta orang dibanding tahun 2015 yang sebanyak 1,026 miliar orang. Dari total jumlah tersebut sebanyak 21 juta orsng merupakan remaja dengan rentang usia 13-15 tahun yang menjadi perokok. 

Riana mengatakan bahwa di Provinsi Lampung presentase perokok usia 15 tahun ke atas mencapai 34,07%, dan hal tersebut merupakan angka tertinggi di Indonesia. 

BACA JUGA:Gubernur Arinal Dampingi Presiden Jokowi Berkunjung ke SMK Negeri 3 Kota Metro

Riana menilai hal tersebut menarik perhatian YJI, karena remaja merupakan aset masa depan yang harus dijaga. 

"Merokok di usia remaja akan memberikan dampak negatif, seperti aspek kesehatan, aspek psikologis, serta dapat berpengaruh pada kemampuan belajar," kata Riana.

Riana mengungkapkan bahwa saat ini masih banyak remaja yang menganggap bahwa kegiatan merokok tersebut merupakan hal yang keren yang dilakukan oleh remaja, padahal kegiatan merokok di usia remaja dapat berpotensi penyakit saluran pernafasan sejak dini. 

Selaku Ketua YJI Lampung, Riana mengapresiasi terselenggaranya seminar ini.

BACA JUGA:Gubernur Arinal Raih Gelar Doktor Honoris Causa dari Universitas Lampung

"Saya berharap melalui kegiatan ini, tema dari seminar dapat dipahami oleh seluruh peserta yang akan mendapatkan informasi dari narasumber yang kredibel," ujarnya. 

Riana berpesan kepada seluruh peserta yang hadir untuk tidak merokok dan jangan untuk mencoba merokok. 

"Saya yakin kalian akan tetap sehat dan yang terpenting akan makin keren dengan tidsk merokok," kata Riana. 

Sementara itu, Ketua Pelaksanaa Seminar dr. Djohan Lius menyampaikan bahwa kegiatan seminar ini merupakan salah satu program preventif YJI untuk memcegah penyakit Jantung serta Pembuluh Darah sejak dini. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: