Ajak Jaga Dan Lestarikan Tarian Kuda Lumping, Elly Wahyuni: Jangan Lupa Prabowo Presiden, Gerindra Menang

Ajak Jaga Dan Lestarikan Tarian Kuda Lumping, Elly Wahyuni: Jangan Lupa Prabowo Presiden, Gerindra Menang

Foto Dok--

Medialampung.co.id - Wakil Ketua I DPRD Lampung Elly Wahyuni mengajak masyarakat agar menjaga dan melestarikan Kesenian tradisional kuda Kepang (Lumping) yang digelar di Dusun Bangunharjo Desa Taman Sari Kecamatan Gedongtataan Kabupaten Pesawaran, kemarin Minggu (13/8/2023).

Kuda lumping juga disebut Jaran kepang atau Jathilan adalah tarian tradisional Jawa yang berasal dari Ponorogo, Jawa Timur. Di dalam tarian ini menampilkan sekelompok prajurit tengah menunggang kuda.

Hal itu diungkapkan Bendahara DPD Partai Gerindra Lampung itu saat menghadiri acara suro an di Desa Tamansari Kecamatan Gedongtataan Pesawaran.

Menurutnya tari kreasi kuda Kepang merupakan salah satu jenis kesenian tradisional yang ada di Indonesia.

“Hari ini saya berada disini untuk menghadiri, dan ini tari tradisional yang sudah mulai punah, oleh karena itu mari kita lestarikan tari Kuda Lumping, supaya tidak punah. Dalam rangka memperingati HUT RI ke-78 dan Suro an,” kata Elly Wahyuni.

Sebagai bangsa yang besar dan ikut melestarikan budaya di Indonesia, Ketua PIRA (Perempuan Indonesia Raya) Provinsi Lampung itu juga mengajak agar generasi muda dapat melestarikan seni budaya tersebut.

“Mari kita jaga dan kami akan terus melestarikan tarian kuda Lumping salah satu bentuk tarian tradisional Indonesia, Jangan lupa Prabowo Presiden dan Gerindra menang, salam…” ucapnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: