2024, Pemkab Lampung Barat akan Usulkan 12 Calon Sekolah Adiwiyata

2024, Pemkab Lampung Barat akan Usulkan 12 Calon Sekolah Adiwiyata

Kepala DLH Lampung Barat Muhammad Henry Faisal, SH, MH.--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Pemerintah Kabupaten Lampung Barat melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) akan mengusulkan 12 sekolah di kabupaten setempat menjadi calon sekolah adiwiyata (CSA) pada tahun 2024 mendatang.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) M Henry Faisal, S.H, M.H mengungkapkan, untuk CSA tingkat Provinsi ada 3 sekolah yaitu SMPN 1 Sekincau, SDN 1 Karang Agung dan  SDN 1 Sukaraja. 

Lalu CSA Nasional terdapat 4 sekolah yaitu SMPN 1 Kebun Tebu, SMPN 2 Way Tenong, SDN 1 Sukapura dan SDN 1 Giham Sukamaju. 

Sedangkan untuk CSA Mandiri, pihaknya akan mengusulkan 5 sekolah yaitu SMPN 1 Air Hitam, SDN 3 Way Mengaku, SDN 1 Purajaya, MIN 2 Lampung Barat, dan MIN 3 Lampung Barat. “Jadi ada 12 sekolah yang akan kita usulkan tahun 2024 mendatang,” tegas Henry, Rabu (18 Oktober 2023).

BACA JUGA:Berperan Aktif Wujudkan P4GN, Ketua GRANAT Lampung dan Bupati Way Kanan Raih Penghargaan BNN RI

Henry menambahkan, untuk saat ini belum ada satupun sekolah di Lampung Barat yang meraih penghargaan adiwiyata mandiri.

Hal ini dikarenakan sesuai Permen LHK Nomor 52 tahun 2019 tentang Gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah, sekolah Adiwiyata Nasional baru bisa diusulkan menjadi sekolah Adiwiyata mandiri minimal 2 tahun setelah ditetapkan sebagai sekolah Adiwiyata Nasional. 

Artinya sekolah di Lampung Barat yang mendapatkan penghargaan Adiwiyata Nasional tahun 2022 baru bisa diajukan sebagai calon sekolah Adiwiyata mandiri pada tahun 2024 dan sekolah Adiwiyata Nasional tahun 2023 baru bisa diajukan sebagai calon sekolah Adiwiyata Mandiri pada tahun 2025.

“Rentang waktu pengusulan calon sekolah Adiwiyata mandiri berbeda dengan calon sekolah Adiwiyata provinsi dan nasional. Calon sekolah Adiwiyata provinsi dan nasional, yang bisa diajukan minimal 1 tahun setelah ditetapkan sebagai sekolah Adiwiyata kabupaten dan sekolah Adiwiyata provinsi,” tegas dia.

BACA JUGA:Jalan Poros Giham-Pahayu Jaya Dapat Pemeliharaan Senilai Rp 134 Juta

Ia berharap sejumlah sekolah yang akan diusulkan CSA tahun 2024 tersebut melakukan persiapan sejak jauh hari sehingga pada saat penilaian dan verifikasi nanti sudah siap.

“Kita berharap sekolah Adiwiyata Lampung Barat untuk tetap konsisten melaksanakan gerakan peduli dan berbudaya lingkungan hidup di sekolah dan kita bersama Dinas Pendidikan dan Kebudayaan serta Kantor Kementerian Agama siap melakukan pembinaan ke sekolah sekolah,” kata dia 

Ia berharap kedepannya akan semakin banyak sekolah di Lampung Barat menjadi sekolah Adiwiyata, serta melaksanakan kegiatan dan gerakan lainnya untuk mewujudkan lingkungan hidup yang lestari, bersih, indah dan sehat.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: