Lagi-lagi, Kebakaran Hanguskan Lahan Gambut

Lagi-lagi, Kebakaran Hanguskan Lahan Gambut

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Untuk kesekian kalinya kebakaran lahan kembali terjadi di wilayah Kabupaten Lampung Barat. Pada Sabtu (7 Oktober 2023), kebakaran terjadi di wilayah Gedung Asin, Pemangku Sabah Brak Pekon Sebarus, Kecamatan Balik Bukit sekitar pukul 15:30 WIB.

Upaya pemadaman dilakukan oleh petugas UPT Damkar Balik Bukit bersama warga sekitar dengan menggunakan alat pompa air milik warga, hal itu dikarenakan akses jalan yang sempit membuat mobil Damkar tidak dapat menjangkau lokasi.

BACA JUGA:Proyek PSAB Mangkrak di Kelurahan Sekincau Makin Tidak Jelas

Kabid Damkar pada Satpol PP dan Damkar Ruspel Gultom mengatakan, belum diketahui secara pasti penyebab kebakaran lahan itu, namun untuk penyebaran titik api sudah berhasil dipadamkan pada pukul 16:00 WIB.

“Api sudah dipadamkan, karena mobil tidak bisa masuk sampai lokasi jadi petugas menggunakan selang panjang dan meminjam alat pompa air warga untuk memadamkan api. Lahan yang terbakar tidak terlalu luas,” kata Ruspel. 

BACA JUGA:Pelayanan Vaksinasi Rabies Gratis Dalam World Rabies Day di Lampung Barat Disambut Antusias Masyarakat

Atas kejadian ini, pihaknya kembali mengimbau kepada masyarakat untuk tidak melakukan aktivitas pembakaran di lokasi yang dekat dengan lahan gambut, apalagi di tengah kondisi cuaca kemarau yang berdampak pada lahan yang mengalami kekeringan.

Intinya kami tak bosan-bosannya mengingatkan masyarakat supaya waspada dan tidak melakukan aktivitas yang dapat memicu terjadinya kebakaran, karena musim kemarau ini semakin memperbesar potensi terjadinya kebakaran hanya bakar-bakar sampah bahkan membuang puntung rokok sembarangan juga bisa memicu terjadi kebakaran, jadi semua harus waspada, pintanya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: