DLH Pesisir Barat Minta Semua Pihak Jaga Kebersihan Sungai

DLH Pesisir Barat Minta Semua Pihak Jaga Kebersihan Sungai

--

PESBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID — Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) kembali meminta Pemerintahan Kecamatan, dan Kelurahan serta masyarakat yang ada di sepanjang wilayah lintasan aliran sungai di Pasar Pagi, Kelurahan Pasar Kota Krui, agar membersihkan sampah di aliran sungai itu.

Pasalnya, kondisi aliran sungai itu merupakan salah satu sungai yang langsung bermuara ke laut, tepatnya di lokasi pelabuhan perikanan di Kuala Stabas Kecamatan setempat. 

Sehingga, dikhawatirkan jika kondisi aliran sungai banyak sampah akan langsung terbuang ke laut.

Kabid Kebersihan, Peningkatan Kapasitas Lingkungan Hidup dan Pertamanan, Ns. Erido Riski, S.Kep., mendampingi Kepala DLH Pesbar, Husni Aripin, S.Ip., mengatakan, di wilayah Pesbar terdapat beberapa aliran sungai yang langsung bermuara ke laut. 

BACA JUGA:Lagi! Kejanggalan Ditemukan Pada Proyek Rabat Beton DAK Rp 19 Miliar di Ruas Pagar Dewa-Lombok Seminung

Sehingga, jika material sungai banyak sampah, tentu akan terbawa hingga ke laut.

“Kondisi itu jelas menjadi kekhawatiran kita bersama, terutama terdapat sampah-sampah non organik seperti sampah plastik dan jenis lainnya tentu akan berdampak terhadap biota laut,” katanya.

Karena itu, kata dia, pihaknya meminta agar aliran sungai yang melintas di tengah pemukiman penduduk dan langsung menuju ke laut seperti di wilayah Pasar Pagi Kelurahan Pasar Kota Krui, Kecamatan Pesisir Tengah itu bisa terus dijaga kebersihannya, serta jika terjadi banyaknya sampah diharapkan agar aliran sungai itu segera dilakukan pembersihan. 

Kebersihan sungai juga merupakan tanggungjawab bersama.

BACA JUGA:Penemuan Mayat di Rumpun Bambu, Kapolres Lampung Utara : Ada Bekas Luka Senjata Tajam

“Untuk itu diharapkan agar masyarakat juga bisa terus menjaganya dengan baik, dan yang terpenting juga jangan sampai membuang sampah sembarangan seperti di aliran sungai,” jelasnya.

Masih kata dia, perilaku masyarakat membuang sampah sembarangan sampai saat ini juga masih kerap ditemukan. 

Untuk itu, DLH Pesbar berharap perilaku tersebut secara bertahap dapat diubah agar menjadi lebih baik. 

Dengan begitu kedepan tidak lagi ditemukan adanya masyarakat yang membuang sampah di sembarangan seperti di sungai ataupun tempat yang dilarang lainnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: