Warga Air Hitam Diimbau Lebih Mewaspadai Dampak El Nino

Warga Air Hitam Diimbau Lebih Mewaspadai Dampak El Nino

Camat Air Hitam Bambang Hermanto, S.Pdi, M.M.--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Camat Air Hitam, Kabupaten Lampung Barat (Lambar) Bambang Hermanto, S.Pdi, M.M., berpesan kepada masyarakat agar bersama menjaga kondisi dari dampak yang bakal ditimbulkan dari musim kemarau panjang akibat fenomena El Nino

Pada kunjungan serah terima jabatan (sertijab) Peratin Sidodadi dari Peratin Definitif Prayitno kepada Penjabat (Pj) Muhaimin S.E., Camat Bambang tidak ketinggalan mengingatkan kepada masyarakat akan kondisi cuaca saat ini.

Dimana karena cuaca yang sedang berlangsung pertama kondisi udara kurang baik lantaran banyaknya debu yang dapat saja terhirup dan menyebabkan sakit batuk atau sejenis Infeksi Saluran Pernapasan Akut (Ispa).

Oleh karena itu bagi yang sakit untuk melakukan pengobatan di bidan desa, atau berkunjung ke puskesmas yang selalu standby melakukan pelayanan.

BACA JUGA:Selain Tanpa Izin, Rekanan Proyek Pipa PDAM Way Tenong Rusak Rabat Beton Jalan Nasional

Selain itu bahaya lain yang bakal mengancam jika masyarakat lalai yakni kebakaran, karena itu upaya pencegahan yakni dengan melakukan pengecekan secara teliti setelah masak ataupun melakukan pembakaran di sekeliling.

Dan yang perlu dihindarkan jangan sampai melakukan pembakaran lahan untuk perkebunan. 

Karena bukan saja akan merugikan tapi juga akan mendapatkan sanksi dari pemerintah. 

"Dampak kemarau tentu kita rasakan mulai dari polusi udara akibat debu, juga dampak lainnya seperti kebakaran. Serta kerusakan tanaman hortikultura yang kekurangan asupan air," jelasnya. 

BACA JUGA:Hilangnya Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo di Spanyol Jadi Misteri, Kabur dari Kasus Besar?

Sehingga agar supaya usaha pertanian tidak terlalu berdampak, Bambang mengajak warga dengan aparat untuk tetap berkoordinasi. 

Diantaranya terkait bagaimana cara melakukan penyiraman tanaman, bahkan jika memang memungkinkan menggunakan mesin penyedot air.

Sehingga tanaman sayur-sayuran dapat tetap terjaga dan tumbuh dengan subur.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: