Lagi, Kebakaran Lahan Terjadi di Pesisir Tengah

Lagi, Kebakaran Lahan Terjadi di Pesisir Tengah

--

PESBAR, MEDIALAMPUNG.CO.IDKebakaran lahan kembali terjadi di Kecamatan Pesisir Tengah, Kabupaten Pesisir Barat, kali ini menimpa semak belukar yang berada di Kelurahan Pasar Krui, Senin 2 Oktober 2023.

Kasatpol PP-Damkar Pesbar, Cahyadi Muis mengatakan, pihaknya kembali menerima laporan dari masyarakat terkait kebakaran lahan terjadi di Kelurahan Pasar Krui Kecamatan Pesisir Tengah.

BACA JUGA:Warga Anak Tuha Lamteng Gelar Aksi, Minta Cabut HGU PT BSA

“Hari ini laporan kebakaran lahan kembali diterima Posko Damkar Kecamatan pesisir Tengah, ada lahan yang terbakar di Kelurahan Pasar Krui,” kata dia.

Dijelaskannya, kebakaran lahan itu bermula dari warga yang melakukan pembakaran lahan, kemudian api semakin membesar akibat tiupan angin sehingga membakar rumpun bambu.

BACA JUGA:Segini Besaran DBH Sawit dari Pemerintah Pusat Untuk Kabupaten Pesisir Barat

“Karena masyarakat khawatir api semakin membesar dan mendekati kawasan permukiman, sehingga mereka menghubungi Posko Damkar Pesisir Tengah,” jelasnya.

Ditambahkannya, mengetahui ada lahan yang terbakar itu, petugas damkar langsung menuju ke lokasi menggunakan satu unit armada Damkar untuk memadamkan api.

BACA JUGA:DPUPR Lampung Barat Perintahkan Rekanan Bongkar Paving Block di GSG Bung Karno

“Satu unit armada Damkar dikerahkan untuk memadamkan api yang membakar lahan itu agar api tidak semakin besar dan meluas hingga ke pemukiman warga dan lahan lainnya,” terangnya.

Menurutnya, sudah ada dua laporan kebakaran lahan yang terjadi dalam dua hari terakhir, sebelumnya kebakaran lahan terjadi di Pekon Rawas dan kali ini terjadi di Kelurahan Pasar Krui.

BACA JUGA:Hore! Jatuh Tempo Pembayaran PBB-P2 di Lampung Barat Diperpanjang Hingga 31 Oktober 2023

“Kami terus menghimbau masyarakat agar tidak melakukan pembukaan lahan dengan cara dibakar, apalagi dengan kondisi angin kencang seperti sekarang ini yang bisa menyebabkan api mudah membesar,” pungkasnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: