18 Ribu Warga Pesisir Barat Masuk Sasaran Bansos Beras CPP

18 Ribu Warga Pesisir Barat Masuk Sasaran Bansos Beras CPP

Bansos Beras CPP--

PESBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID – Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP), Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), mencatat 18.668 keluarga penerima manfaat (KPM) menjadi sasaran bantuan cadangan pangan pemerintah (CPP) beras yang akan digulirkan pekan depan.

Kabid Ketersediaan Pangan, Redi Destian, mendampingi Kadis KPP Pesbar Unzir, S.P., mengatakan pembagian bantuan CPP beras itu dilaksanakan oleh Badan Pangan Nasional (Bapanas) bekerjasama dengan Bulog serta pihaknya hanya membantu dalam pelaksanaan penyaluran.

BACA JUGA:Keluarkan Edaran, Camat Balik Bukit Imbau Masyarakat Tak Main Layangan Dekat Jaringan Listrik

“Rencananya penyaluran bantuan CPP beras itu dilaksanakan Senin 2 Oktober 2023 mendatang, penyaluran akan dilaksanakan langsung dari gudang Bulog Liwa,” kata dia. 

Dijelaskannya, masyarakat sasaran penerima bantuan tersebut sama seperti yang dilaksanakan pada tahap sebelumnya, hanya saja saat ini jumlah mengalami pengurangan dari sebelumnya karena data dari Dinsos juga berkurang.

BACA JUGA:Stakeholders Day, KPPN Liwa Beri Tiga Penghargaan ke Kankemenag Lampung Barat

“Masyarakat sasaran tetap berdasarkan data penerima bantuan sosial (Bansos), tapi jumlahnya berkurang, sekarang hanya 18.668 KPM sedangkan sebelumnya mencapai 19 ribu KPM sasaran,” jelasnya.

Dikatakannya, kegiatan tersebut akan dilaksanakan selama tiga bulan dari September hingga November 2023. Untuk jumlah beras yang dibagikan itu yakni 10 Kg untuk masing-masing KPM sasaran.

BACA JUGA:Tumpukan Material Proyek Jalan Pagar Dewa-Lumbok Membahayakan Keselamatan Pengendara

“Setiap KPM sasaran akan menerima bantuan besar sebanyak 10 kilogram setiap bulannya, penyalurannya akan dilaksanakan dalam tiga tahap, jadi total bantuan beras itu sebanyak 30 kilogram untuk satu KPM,” terangnya.

Menurutnya, bantuan beras ini disalurkan sebagai respon pemerintah terhadap naiknya harga beras di pasaran.

BACA JUGA:Pesisir Barat Dipastikan Masih Bebas dari Kasus Rabies

Berdasarkan data pihaknya mencatat harga beras di Pesisir Barat saat ini rata-rata di jual di kisaran Rp14 ribu sampai Rp15 ribu per kilogram.

“Dengan adanya bantuan tersebut diharapkan bisa membantu masyarakat untuk memenuhi kebutuhan mereka, terutama beras yang merupakan salah satu kebutuhan pokok masyarakat,” pungkasnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: