Viral! Warga Gorontalo Beramai-ramai Berburu Butiran Emas di Pantai

Viral! Warga Gorontalo Beramai-ramai Berburu Butiran Emas di Pantai

--

MEDIALAMPUNG.CO.ID - Viral dimediasosial. puluhan warga berbondong-bonding mendatangai pantai yang berlokasikan di Alumbango yang terletak di Desa Buhu Jaya, Kecamatan Paguat, Kabupaten Pohuwato, wilayah Provinsi Gorontalo.

Berdasarkan informasi yang beredar. Suasana di kawasan pantai tersebut mendadak ramai. Pasalnya, terdapat puluhan warga berkumpul dengan aktivitas untuk berburu butiran emas.

Hingga akhirnya penemuan emas di pesisir pantai Gorontalo viral di media sosial.

"Ada emasnya? Iya ada," ujar seorang ibu-ibu di lokasi pantai tersebut, Rabu 20 September 2023.

BACA JUGA:Dari Total 401 Bidang Tanah Aset Pemkab Pesisir Barat, Baru 192 Bidang Sudah Bersertifikat

Lalu salah seorang laki-laki tampak memisahkan butiran emas dengan pasir menggunakan alat tradisional. Dan ia menunjukkan butiran emas tersebut ke kamera perekam video yang beredar.

Diketahui Aktivitas warga setempat berburu butiran emas itu sudah berlangsung dalam beberapa hari terakhir. Bahkan karena banyaknya masyarakat hingga informasi ini pun viral dan rekaman videonya beredar luas di medsos.

Di lokasi, tampak para warga setempat membawa perlengkapan seadanya untuk berburu emas tersebut. Namun belum diketahui lebih lanjut terkait hasil pengolahan dan sumber butiran emas di pinggir pantai berasal dari mana

Setelah diketahui Pemerintah Provinsi (Pemprov) Gorontalo akan berencana menutup lokasi temuan butiran emas di pesisir pantai tersebut.

BACA JUGA:Agus Istiqlal Pastikan Perekrutan PPPK dan TKD Gratis

Warga di pantai tersebut dinilai sudah marak melakukan pengerukan sehingga dikhawatirkan merusak lingkungan.

Dari sumber lain, Fungsional Analisis Kebijakan Dinas Tenaga Kerja, ESDM dan Transmigrasi Provinsi Gorontalo Zainal Faried, mengungkapkan, Karena ini tidak berizin bisa jadi ditutup, karena itu terkait pertambangan banyak yang harus kita lewati, belum lubang apakah di sana menyebabkan kerusakan apa tidaknya.

Sambung, Zainal pihaknya khawatir jika terlalu lama dibiarkan akan semakin berdampak luas. Belum lagi jika ada alat berat yang diturunkan warga di lokasi.

"Dipastikan akan rusak lokasi pantai tersebut, apalagi di datangi alat-alat berat," Kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: