Poktan Mekarjaya 2 Trimulyo Gelar Rapat Tahunan dan Bagi SHU

Poktan Mekarjaya 2 Trimulyo Gelar Rapat Tahunan dan Bagi SHU

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Seperti kebiasaan di tahun-tahun sebelumnya Kelompok Tani (Poktan) Mekarjaya 2, Pekon Trimulyo, Kecamatan Gedung Surian, Kabupaten Lampung Barat (Lambar) melaksanakan Rapat Tahunan dan pembagian Sisa Hasil Usaha (SHU) kepada jajaran anggota Tahun 2023.

Namun tahun ini pembagiannya berbeda masa-masa sebelumnya. Dimana jika sebelumnya selalu dibagi uang dan pupuk, maka tahun ini pembagian kepada anggota dalam bentuk beras.

BACA JUGA:Momen HUT Ke 32, Pj Bupati Lampung Barat Menyerahkan Puluhan Penghargaan

Sekretaris Poktan Mekarjaya Drs. Riyadi mendampingi Ketua Poktan H Buchori, S.P., mengatakan alasan pembagian SHU dengan bentuk beras karena tahun ini SHU menurun drastis.

Karena usaha Poktan Mekarjaya 2 itu berupa kebun kopi yang digarap/diberikan kepada para anggotanya sebanyak 26 orang,  selanjutnya harga bahan pangan pokok berupa beras mengalami kenaikan.

BACA JUGA:HUT Kabupaten Lampung Barat Ke 32, Pj Bupati dan Forkopimda Tabur Bunga di Makam Massal Korban Gempa Liwa

Sehingga dengan pertimbangan itu agar warga terbaru dalam hal ketahanan pangan dan SHU tersebut bisa utuh sampai di rumah dengan besaran bantuan beras sebanyak 50 kg per anggota.

"Kami sengaja bagikan SHU dalam bentuk beras Karena kalau dibagikan uang diyakini pasti akan berkurang dan dipakai untuk kebutuhan konsumtif lainnya yang manfaatnya kurang penting. Misal membeli rokok, pulsa atau lainnya," ungkap pihaknya.

BACA JUGA:Brak! Lakalantas di Jalinbar, Kakak Beradik Tewas Ditempat

Usai acara di katakan Ketua Poktan Buchori,  Anggota Poktan sepatutnya merasa bersyukur, selain mempunyai beberapa bidang kebun juga telah memiliki gudang dan sekretariat milik sendiri serta stok pupuk subsidi untuk persiapan para anggota

Diulasnya pada saat hasil bagus, Poktan Mekarjaya 2 dengan SHU yang ada bisa membagikan kepada anggota uang sampai Rp2,5 juta bahkan hingga Rp3 juta per anggota. Dan itu tidak mengembalikan ke kas kelompok tani. Artinya bagi cuma-cuma dari SHU.

BACA JUGA:Kapal Barang Proyek Jaringan Air Baku Kandas di Tembakak

Akan tetapi karena kondisi musim tahun ini yang sangat anjlok, anggota juga diharapkan memaklumi dan masih bersyukur ada SHU yang dibagikan dalam bentuk beras. Agar SHU dapat lebih bermanfaat dibagikan kepada seluruh peserta. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: