Ini Prestasi Memasuki 9 Bulan Masa Jabatan Pj Bupati Lampung Barat Nukman

Ini Prestasi Memasuki 9 Bulan Masa Jabatan Pj Bupati Lampung Barat Nukman

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - DPRD Lampung Barat menggelar sidang paripurna istimewa dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke-32 yang dihelat di ruang sidang Marghasana DPRD setempat, Kamis (21 September 2023).

Dalam kesempatan itu, Nukman membeberkan sejumlah capain prestasi yang saat ini telah memasuki 9 bulan masa kepemimpinannya.

Prestasi yang diraihnya, antara lain sembilan bulan masa kepemimpinannya itu, dirinya mengaku telah meraih Predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) yang ke-13 (tiga belas) kali secara berturut-turut.

Kemudian Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) pada tahun 2023 berhasil meraih terbaik pertama tingkat Kabupaten se-Provinsi Lampung dan melaju ke tingkat Nasional serta berhasil masuk pada 12 terbaik tingkat Kabupaten se-Indonesia.

BACA JUGA:Pembangunan Gedung PLUT dengan Puluhan Fasilitas Dikebut

Selanjutnya penghargaan Apresiasi Pemasaran Pariwisata Indonesia (APPI) tahun 2023, yang diserahkan langsung oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (RI) Sandiaga Salahuddin Uno.

Selain itu meraih penghargaan kabupaten sangat inovatif Innovative Government Award (IGA) Tahun 2022 dari Kementerian Dalam Negeri dan penghargaan dari Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Kotabumi Lampung Utara atas dukungan kerja sama yang baik dalam rangka penerimaan pajak tahun 2022.

Tentunya, kata Nukman, capaian prestasi yang didapat berkat kekonsistenan bersama jajarannya dalam melaksanakan proses pembangunan daerah yang mengacu pada prinsip-prinsip yang menekankan keseimbangan antara pertumbuhan, pemerataan dan keberlanjutan dengan tetap berpijak pada Tujuan dan Sasaran pembangunan sebagaimana tertuang pada Rencana Pembangunan Daerah (RPD) tahun 2023-2026. 

Berbagai pekerjaan selama masa kepemimpinan tersebut diantaranya penyerapan APBD telah mencapai 585 miliar rupiah lebih atau 59,41% yang mana berarti bahwa berbagai pembangunan yang dibiayai oleh APBD Kabupaten Lampung Barat telah terealisasi hampir 60%.

BACA JUGA:Wakil Ketua DPRD Lampung Barat Nyaris Adu Jotos dengan Anggotanya

Total Penerima Bantuan Iuran (PBI) dalam rangka Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di Lampung Barat sebanyak 285.857 jiwa atau 92,76% dimana pada usulan perubahan APBD tahun 2023 ini direncanakan bertambah sebanyak 10.760 jiwa sehingga diharapkan kepesertaan JKN menjadi 96,2% dan bisa melebihi Universal Health Coverage (UHC).

Penanganan stunting pada tahun 2023 dianggarkan sebanyak 17 milyar rupiah lebih terealisasi sebesar 9,6 miliar rupiah lebih dengan capaian pada Bulan Agustus telah berkurang 170 balita stunting di Lampung Barat dengan prevalensi sebesar 5,77%.

Penanganan Kemiskinan pada tahun 2023 dianggarkan sebesar 25 milyar rupiah lebih dengan capaian angka kemiskinan turun di angka 11,71% atau 36.200 jiwa sedangkan angka kemiskinan ekstrem turun di angka 3,37% atau 10.410 jiwa.

Kemudian dalam rangka penanganan inflasi pada tahun 2023 telah dianggarkan sebesar 2 milyar rupiah lebih yang dilakukan melalui Pemantauan harga bahan kebutuhan pokok masyarakat, menginput data perkembangan harga pada sistem informasi kementerian perdagangan, serta melaksanakan monitoring ketersediaan stok bersama instansi terkait serta pemantauan harga, dan pasokan pangan pada tingkat produsen dan konsumen setiap minggu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: