Lestarikan Makanan Tradisional, TP PKK-DPC APJI Lampung Barat Mengadakan Pelatihan Membuat Engkak Ketan

Lestarikan Makanan Tradisional, TP PKK-DPC APJI Lampung Barat Mengadakan Pelatihan Membuat Engkak Ketan

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Menjelang perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Lampung Barat ke-32, Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) bersama Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Asosiasi Pengusaha Jasa Boga Indonesia (APJI) Kabupaten Lampung Barat mengadakan pelatihan membuat engkak ketan khas Lampung di Aula Gedung Serba Guna (GSG) Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Alimuddin Umar, Senin 18 September tahun 2023.

Seperti diketahui, perayaan HUT Kabupaten Lampung Barat yang jatuh pada 24 September mendatang, salah satu rangkaian kegiatan yakni lomba membuat engkak ketan yang akan diselenggarakan pada hari Minggu 24 September bertempat di samping lobby kantor Bupati Lampung Barat.

Pelatihan tersebut dibuka oleh Staf Ahli Bupati Bidang Perekonomian dan Pembangunan Sugeng Raharjo serta dihadiri Ketua TP-PKK Kabupaten Lampung Barat Zelda Naturi Nukman, Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Lampung Barat Dewi Adi Utama, 

Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Asosiasi Pengusaha Jasaboga Indonesia (APJI) Lampung Barat Gesti Herdiana serta Ketua TP Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kecamatan dan Pekon.

BACA JUGA:DPRD Tuding Proyek Jalan Sukau-Lumbok Seminung Timbulkan Masalah

Dalam sambutannya, Zelda Naturi menyambut baik atas terselenggaranya kegiatan tersebut, dirinya berharap dengan diadakannya perlombaan membuat engkak ketan pada perayaan Hari Ulang Tahun Lampung Barat kedepannya dapat menumbuhkan inovasi-inovasi baru terhadap makanan tradisional khas Lampung tersebut.

"Dengan diadakannya perlombaan membuat engkak ketan pada perayaan Hari Ulang Tahun Kabupaten Lampung Barat mendatang, saya berharap kedepannya menumbuhkan inovasi-inovasi baru terhadap makanan khas Lampung ini," ujar Zelda.

Oleh karena itu, Zelda Naturi berpesan kepada seluruh peserta yang akan mengikuti perlombaan, agar benar-benar serius mengikuti pelatihan tersebut dengan harapan usai pelaksanaan perlombaan dapat menjadi salah satu usaha sehingga meningkatkan perekonomian keluarga.

"Saya minta kepada seluruh peserta agar dalam mengikuti pelatihan ini supaya benar-benar serius. Supaya kedepannya dapat menjadi usaha keluarga dengan harapan meningkatkan perekonomian keluarga," kata Zelda Naturi seraya menambahkan agar kedepannya dapat melestarikan makanan tradisional khas Lampung. 

BACA JUGA:Ketua MWC Balik Bukit Ust Hernadi Ajak Pengurus NU Mandiri dan Kuat

Sementara Ketua APJI Kabupaten Lampung Barat Gesti Herdiana berharap, para peserta pelatihan mengikuti dan memanfaatkan pelatihan tersebut dengan sebaik mungkin.

"Manfaatkan ilmu yang diperoleh nantinya agar menjadi modal utama bagi ibu-ibu untuk membuka usaha, menambah kreatifitas usaha yang telah ada atau paling tidak bisa membuat kue yang enak untuk keluarga," harapnya. 

Karena menurut Gesti, perkembangan usaha kuliner terutama kue basah, akhir-akhir ini begitu pesat dengan semakin meningkatnya permintaan pasar yang menyebabkan setiap orang ingin mencari peluang usaha di bidang kuliner.

"Diharapkan melalui pelatihan ini para peserta akan mampu memiliki kemandirian di bidang ekonomi melalui penumbuhan dan pengembangan kegiatan usaha ekonomi produktif dalam rangka mendukung terciptanya kondisi kehidupan yang lebih sejahtera baik di lingkungan keluarga maupun di tengah masyarakat," pungkasnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: