Soal Rencana Pembangunan Pasar Wisata Lumbok Seminung, Pemkab Lampung Barat Diminta Matangkan Konsep

Soal Rencana Pembangunan Pasar Wisata Lumbok Seminung, Pemkab Lampung Barat Diminta Matangkan Konsep

Kepala Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan Lampung Barat Tri Umaryani, S.P, M.Si--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID – Tim Perencanaan, Biro Perencanaan Kementrian Perdagangan (Kemendag) RI beberapa waktu lalu telah melakukan kunjungan lapangan, serta melakukan pengecekan langsung lokasi yang diusulkan Pemkab Lampung Barat, untuk dibangunnya pasar tematik wisata di Kecamatan Lumbok Seminung.

Hasil visit tersebut telah dilakukan evaluasi oleh tim Kemendag RI tersebut, dimana Pemkab Lampung Barat masih diminta untuk lebih mematangkan konsep, rencana pembangunan pasar yang terintegrasi dengan kawasan wisata terpadu (KWT) Lumbok Seminung.

BACA JUGA:Aparatur Pekon Argomulyo dan Kecamatan Antarkan Langsung BLT DD ke Setiap Lansia

Kepala Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Lampung Barat Tri Umaryani, SP, M.Si., mengungkapkan, pemerintah daerah diminta untuk lebih mematangkan konsep, hal ini dikarenakan pasar tematik wisata yang direncanakan dibangun dengan dana puluhan miliar rupiah bersumber Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) tersebut bukan seperti pasar Bahan Pangan Pokok (Bapok) pada umumnya.

”Pasar Tematik Wisata ini dibangun tujuannya adalah selain untuk sarana perdagangan juga mendukung destinasi wisata yang ada dan menjadi salah satu objek wisata yang bisa dikunjungi wisatawan, sehingga bukan seperti pasar Bapok atau pasar rakyat pada umumnya,” ungkap Tri Umaryani.

BACA JUGA:Doa untuk Mengakhiri Kemarau Panjang, Polres Way Kanan Gelar Shalat Istisqa

Dikatakannya, saat ini  pihaknya telah menindaklanjuti hasil evaluasi tersebut, untuk menunggu pemberitahuan lebih lanjut untuk dilakukan penilaian ulang oleh tim dari Kementrian. 

”Kita akan sampaikan ulang sebagaimana diharapkan oleh Kementrian, harapannya rencana pembangunan pasar tematik wisata tersebut bisa terealisasi di tahun anggaran 2024 mendatang,” ujarnya.

BACA JUGA:Satu Bacaleg di Lampung Barat Belum Mundur dari Anggota LHP, Berpotensi TMS

Sebelumnya, Pj. Bupati Lampung Barat Drs. Nukman., MM., bersama dengan Koordinator Tim Perencanaan, Biro Perencanaan Kemendag RI Gomos Yohanes Nainggolan, SP., MM., melakukan peninjauan lahan yang akan dijadikan tempat pembangunan dan pengembangan pasar tematik wisata Lumbok Seminung yang berlokasi di Pekon Kagungan, Kecamatan Lumbok Seminung, tepatnya sekitar 2,5 KM dari objek wisata Danau Ranau, Selasa 5 September 2023.

Pasar wisata direncanakan berdiri di atas lahan seluas 1,1 Hektare. Berasal dari hibah masyarakat kepada Pemerintah Kabupaten Lampung Barat.

BACA JUGA:Cara Menghilangkan Bau Tidak Sedap di Ruangan dengan Cara Alami

Pj. Bupati Lampung Barat dalam tinjauannya yang didampingi sejumlah staf dan jajarannya itu menuturkan, rencana pembangunan pasar wisata merupakan salah satu upaya Pemerintah Kabupaten Lampung Barat untuk mengembangkan pariwisata guna meningkatkan perekonomian masyarakat setempat.

"Dengan adanya pasar wisata  berharap dapat meningkatkan perekonomian masyarakat kedepannya. Karena, menurutnya, dengan bangkitnya kembali sektor pariwisata maka dapat memicu sektor lainnya untuk berkembang sehingga roda ekonomi rakyat dapat berjalan lebih baik,” pungkasnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: