Mengenal Museum Lampung 'Ruwa Jurai Terdapat Sekitar 4.754 Benda Koleksi di Dalamnya dan 10 Jenis Koleksi Muse

Mengenal Museum Lampung 'Ruwa Jurai Terdapat Sekitar 4.754 Benda Koleksi di Dalamnya dan 10 Jenis Koleksi Muse

--

BACA JUGA:9 Kepala Negara Tiba di Bandara Soetta untuk Menghadiri KTT ASEAN 2023

*). Filologika, yaitu kumpulan tulisan atau naskah kuno yang ditulis dengan tangan di atas kulit kayu, bambu, daun lontar dan sebagainya.

*). Geologika, yaitu koleksi yang terdiri dari benda-benda bukti sejarah alam dan lingkungan serta berkaitan dengan disiplin geologi.

*). Arkeologika, yaitu benda-benda yang merupakan bukti hasil peninggalan masa pra sejarah, Hindu-Budha dan masuknya Islam.

*). Historika, yaitu benda yang mempunyai nilai sejarah yang pernah digunakan untuk hal-hal yang berhubungan dengan perlawanan kepada penjajah.

BACA JUGA:Berikut Ini Beberapa Cara Merawat Uang Kuno

*). Numismatika dan Heraldika, koleksi Numismatika berupa mata uang atau alat tukar yang sah yang pernah berada di masyarakat, terdiri dari mata uang Indonesia dan mata uang asing, sedangkan Heraldika adalah kumpulan tanda jasa dan peralatan pemerintahan.

*).Biologika, yaitu koleksi yang berkaitan dengan alam dan lingkungan serta berkaitan dengan disiplin ilmu biologi.

*). Keramologika, yaitu benda yang terbuat dari tanah liat, bahan batuan atau porselen yang dibakar dengan suhu tertentu koleksinya terdiri dari keramik asing yang ditemukan di daerah Lampung dan gerabah lokal yang dibuat oleh masyarakat Lampung.

*). Teknologika, yaitu peralatan yang dibuat dengan teknologi tradisional, umumnya berupa peralatan untuk memenuhi kebutuhan hidup.

BACA JUGA:Kapan Kemarau Berakhir? Begini Siklus Perubahan Musim di Indonesia

*). Terakhir seni rupa, yaitu benda hasil daya cipta, karsa dan rasa manusia yang diungkapkan secara konkrit dalam bentuk dua atau tiga dimensi yang memiliki keragaman tema ide konseptual dan media cetak.

Berikut jenis dan jumlahnya. Seperti Geologika sebanyak 69 buah, biologika sebanyak 91 buah, Etnografika sebanyak 2.095 buah, Arkeologika sebanyak 316 buah.

Historika sebanyak 62 buah, Numismatika Heraldika sebanyak 1.350 buah, Filologika sebanyak 47 buah, Keramologika sebanyak 692 buah, Seni Rupa sebanyak 8 buah, Teknografika sebanyak 24 buah.

Benda-benda bersejarah tersebut, memberikan pandangan tentang sejarah geologis daerah, keanekaragaman hayati, kehidupan etnografi masyarakat Lampung, sejarah daerah, hingga karya seni rupa dan teknologi tradisional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: