Stok Menipis Akibat El Nino! Harga Beras Sukau Melambung Tinggi

Stok Menipis Akibat El Nino! Harga Beras Sukau Melambung Tinggi

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Ditengah masa paceklik dan musim panen padi yang hampir berlalu, harga komoditas pangan pokok jenis beras di Kecamatan Sukau, Kabupaten Lampung Barat mulai melambung tinggi. 

Di tingkat petani saja, saat ini harga beras sukau dibanderol mencapai Rp 11 Ribu/Kilogram.

Ernawati salah seorang petani di Pekon Pagar Dewa, kecamatan sukau mengatakan, kenaikan harga beras menjadi fenomena biasa terjadi setiap masa panen padi di wilayah itu akan berakhir, dikarenakan stok yang mulai menipis di tengah permintaan kebutuhan yang meningkat.

“Ya kalau kami petani kenaikan harga beras ini justru jadi keberkahan tersendiri, artinya ada uang yang bisa kami sisihkan karena ongkos produksi juga kan tinggi, mulai dari proses tanam, pemeliharaan, panen sampai dengan masuk pabrik penggilingan,” ujarnya saat ditemui di sela aktivitas menjemur padi di pabrik.

BACA JUGA:Permudah Akses Usaha Tani, Pekon Pagar Dewa Bangun Jembatan Gantung

Ernawati menyebut, sebelumnya pada bulan lalu harga jual beras sukau berkisar Rp10 ribu/Kg, sementara untuk sekarang mencapai Rp 11 Ribu/kg. 

Pihaknya memprediksi harga jual akan terus naik hingga stok benar-benar menipis.

“Kemungkinan akan naik lagi, karena kualitas beras sukau banyak diminati masyarakat. Kalau stok nanti betul-betul hampir habis kami yakin harga naik lagi,” kata dia.

Disisi lain, Karyanti petani lainnya menuturkan hal yang sama. 

BACA JUGA:Tanpa Plang, Rehab Posyandu Kelurahan Sekincau Jadi Sorotan

Menurutnya selain masa panen yang segera berakhir, kenaikan harga beras ini juga akibat adanya isu kemarau atau fenomena puncak El Nino.

“Katanya mau ada kemarau panjang yang puncaknya bulan september nanti, Jadi mungkin ini juga yang membuat kebutuhan beras meningkat di masyarakat. Kalaupun betul nantinya kemarau tentu bisa berdampak pada kegiatan tanam padi. Ya kalau kami petani senang-senang saja harga beras naik,” imbuhnya.

Terpisah salah satu pedagang beras khusus Beras Sukau di pasar Liwa, Marti menuturkan dalam waktu kurang lebih satu bulan terakhir ini harga beras terus mengalami kenaikan, mulai dari Rp500 per kilogram hingga saat ini naik Rp1000 per kilogram.

“Tapi harga juga ditentukan dari kualitasnya, mulai dari medium premium sampai kualitas super, tapi untuk kami hanya menjual khusus beras sukau dan memang mengalami kenaikan sampai Rp500 -Rp1000 per kilogram dari harga beli dengan petani,” tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: