Tanaman Kopi di Lampung Barat Masih Aman dari Ancaman Kekeringan

Tanaman Kopi di Lampung Barat Masih Aman dari Ancaman Kekeringan

Ilustrasi biji kopi--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Musim kemarau yang terjadi saat ini belum berdampak terhadap tanaman kopi di Kabupaten Lampung Barat, sehingga masih aman. 

“Sejauh ini karena masih ada hujan dikit-dikit sehingga masih sangat baik bagi proses pembungaan tanaman kopi. Artinya, sebagian besar masih bagus untuk pembungaan kopi,” ungkap Kabid Perkebunan Sumarlin mendampingi Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) Yudha Setiawan.

Dengan kondisi saat ini, kata Sumarlin, petani perlu menjaga agar jangan sampai terjadi pembakaran lahan perkebunan karena jika terjadi pembakaran maka dikhawatirkan akan merusak lahan dan tanaman kopi.

“Kita berharap kepada petani supaya jangan melakukan pembakaran di lahan perkebunan, hal ini untuk antisipasi agar tidak terjadi hal hal yang tidak diinginkan,” kata dia.

BACA JUGA:Rutan Krui Berikan Penguatan Terhadap Petugas

Sekadar diketahui, musim kemarau akibat fenomena El Nino yang diperkirakan akan terjadi hingga bulan September tahun 2023, tampaknya belum berdampak kepada lahan perkebunan di Kabupaten Lampung Barat, termasuk tanaman kopi. 

“Dampak El Nino belum berdampak terhadap tanaman perkebunan,” ungkap Kepala Disbunnak Yudha Setiawan, S.I.P.

Untuk antisipasi El Nino, kata Yudha, upaya untuk menjaga stabilitas pangan, seperti halnya melakukan penanaman cabai dan talas di sela sela tanaman kopi.

“Petani kita sarankan untuk menanam cabai dan talas, jadi selain untuk antisipasi juga hasil panen nya nanti bisa dikonsumsi oleh petani dan bisa juga dijual untuk menambah penghasilan,” kata dia.

BACA JUGA:Gajah di Suoh Masuk Permukiman, Sejumlah Rumah Warga Rusak

Yudha menambahkan, dari segi bantuan untuk antisipasi El Nino untuk petani perkebunan, itu tidak ada dari pemerintah daerah.

“Kalau bantuan untuk bidang perkebunan tidak ada untuk menghadapi fenomena El Nino,” tegas dia.  

Lebih jauh Yudha mengatakan, mengingat cuaca panas maka petani juga disarankan untuk melakukan pemeliharaan penaungan dan penambahan tanaman penaung. 

Tanaman penaung berfungsi salah satunya untuk menahan intensitas cahaya matahari yang tinggi dan tanaman penaung akan menjaga tanaman kopi dan tanaman perkebunan lainnya agar tidak terpapar cahaya matahari secara terus menerus akibat musim kemarau.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: