Tingkatkan Kompetensi Guru, BGP-BPMP Lampung Bimtek IKM Melalui Aplikasi Awan Penggerak

Tingkatkan Kompetensi Guru, BGP-BPMP Lampung Bimtek IKM Melalui Aplikasi Awan Penggerak

--

MEDIALAMPUNG.CO.ID — Balai Guru Penggerak (BGP) bersama Balai Penjamin Mutu Pendidikan (BPMP) Provinsi Lampung menggelar bimbingan teknis (Bimtek) peningkatan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan daerah 3T (Terluar, Terdepan, Tertinggal) dalam Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) melalui aplikasi Awan Penggerak tahun 2023 di aula Sunset Beach Pekon Way Redak Kecamatan Pesisir Tengah, Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), Selasa (22/8/2023).

Kegiatan itu dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Pesbar Edwin Kastolani Burtha, S.H, M.P., didampingi Kepala BGP Provinsi Lampung, Dra. Suriatanti Supriadi, M.Si., Kepala BPMP Provinsi Lampung, Dr. Djohan Achmadi, M.Ed., selain itu hadir juga Widyaprada Utama Ditjen GTK Ir. Sri Renani Pantjastuti, Kacabdin Wilayah III Jonisdar Ali, S.Sos, M.M., Kabid Pendidikan Dasar, PAUD dan PNF pada Disdikbud Pesbar Erik Putra AR, S.Pd., serta perwakilan guru dan kepala sekolah di Kabupaten setempat.

Dalam kesempatan itu, Edwin Kastolani, mengatakan, pendidikan adalah pembelajaran pengetahuan, keterampilan, dan kebiasaan sekelompok orang yang diturunkan dari satu generasi ke generasi berikutnya melalui pengajaran, pelatihan, atau penelitian. Dunia pendidikan saat ini mengalami lonjakan perubahan yang sangat pesat.

“Karena itu, guru harus mampu mengelola sumber daya yang ada untuk dapat mengimbangi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek),” katanya.

BACA JUGA:Potensi Sentra Kelengkeng di Lamtim: Gubernur Arinal Dorong Dukungan Berbagai Pihak

Dijelaskannya, di Kabupaten Pesbar ini ada 18 sekolah yang sebelumnya telah lebih dulu mengenal Kurikulum Merdeka. Sekolah tersebut adalah sekolah pelaksana program Sekolah Penggerak. 

Alhamdulillah walaupun berbagai kendala datang silih berganti mereka mampu melewati dengan berbagai solusi. 

Pihaknya juga mengucapkan terimakasih kepada Kementerian Pendidikan, Kebudayaan Riset dan Teknologi (kemendikbud dan Ristek), serta segenap jajarannya yang telah mengadakan kegiatan ini.

Untuk diketahui, kata Edwin, Platform digital sekarang ini sangat penting peranannya dalam kehidupan sehari-hari. 

BACA JUGA:Gubernur Arinal Ajak Peternak dan Stakeholder Pertahankan Lampung Bebas PMK

Dalam bidang pendidikan sangat dirasakan manfaatnya para pengajar. Awan Penggerak merupakan media yang tepat untuk sekolah di daerah 3T. 

Karena itu, pihaknya juga tentu sangat bersyukur platform ini sangat membantu sekolah dalam mengakses Platform Merdeka Mengajar secara offline.

“Kedepannya kami berharap sekolah penerima bantuan media ini bertambah sehingga tidak ada lagi sekolah yang terkendala dalam mengakses Platform Merdeka mengajar tersebut,” jelasnya.

Sementara itu, Suriatanti Supriadi, mengatakan, BGP Lampung dan BPMP Lampung sebagai UPT Kemendikbud Ristek yang ada di Provinsi Lampung bersinergi dan berkolaborasi dalam upaya pemerataan pendidikan di daerah khusus 3T, melakukan peningkatan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan melalui aplikasi awan penggerak di Kabupaten Pesbar ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: