Gubernur Arinal Ajak Peternak dan Stakeholder Pertahankan Lampung Bebas PMK

Gubernur Arinal Ajak Peternak dan Stakeholder Pertahankan Lampung Bebas PMK

--

MEDIALAMPUNG.CO.ID - Gubernur Lampung Arinal Djunaidi bergerak cepat mengatasi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK)  dengan turun langsung ke para peternak di Balai Desa Jojog, Kecamatan Pekalongan, Lampung Timur, Selasa (22/8). 

Dalam kegiatan Sosialisasi Komunikasi, Informasi dan Edukasi (KIE) PMK ini, Gubernur mengajak seluruh peternak dan stakeholder terkait berkolaborasi mempertahankan Lampung bebas dari PMK.

"Mari bersama cegah PMK untuk peternak sejahtera Lampung Berjaya," ujar Arinal.

Untuk melakukan pencegahan PMK, dalam kesempatan itu Gubernur menyerahkan bantuan vaksinasi dan obat-obatan untuk ternak kepada Kabupaten Lampung Timur.

BACA JUGA:Jaga stabilitas Harga, Pemkab Lampung Selatan Gelar Pasar Murah

Arinal mengatakan gerak cepat yang dilakukan Pemerintah Provinsi Lampung merupakan suatu keberhasilan dalam upaya pengendalian penyakit PMK.

"Pengendalian PMK ini tidak luput dari peran dan partisipasi peternak untuk melakukan vaksinasi," katanya.

Ia mengatakan upaya yang telah dilakukan dalam rangka pengendalian PMK dan mempertahankan status penyakit sampai menuju zona hijau diantaranya mengoptimalkan fungsi satuan tugas pengendalian PMK dari tingkat provinsi, kabupaten/kota, kecamatan sampai ke tingkat desa/kelurahan.

"Dan mempercepat proses vaksinasi PMK pada ternak yang sehat dengan memperhatikan prioritas vaksinasi sebagaimana standar operasional prosedur (SOP) vaksinasi PMK," ujarnya.

BACA JUGA:Sambut HUT Ke-32, TP PKK Kabupaten Lampung Barat Gelar Rakor

Arinal mendorong para petugas peternakan untuk terus memberikan vaksinasi PMK kepada peternak baik vaksin pertama, kedua hingga booster.

"Tingkatkan biosecurity ternak dengan menjaga kebersihan kandang dan melakukan penyemprotan desinfektan pada ternak dan kandang," katanya.

Selain vaksin PMK, kata Arinal saat ini Pemerintah Provinsi Lampung juga sedang melakukan vaksinasi Penyakit kulit Berbenjol atau Lumpy Skin Disease (LSD).

Dalam kunjungannya ke Lampung Timur, sebelumnya Gubernur melakukan panen kelengkeng di Desa Kedung Dalem, Kecamatan Batanghari Nuban.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: