Lagi! Petugas Damkar Balik Bukit Tangani Kebakaran Lahan

Lagi! Petugas Damkar Balik Bukit Tangani Kebakaran Lahan

--

MEDIALAMPUNG.CO.ID - Kebakaran lahan kembali terjadi di Kecamatan Balikbukit Kabupaten Lampung Barat. Jika sebelumnya pada Selasa (15/8/2023) Kebakaran lahan terjadi di jalan Sersan Sulaiman, Lingkungan Serdang Atas, Kelurahan Way Mengaku, Kecamatan Balik Bukit.

Pada Rabu (16/8/2023) kebakaran lahan kembali terjadi Pekon Sebarus, Kecamatan Balik Bukit. Sebuah lahan pertanian yang telah usang milik Dinas Ketahanan Pangan terbakar, dan diduga penyebabnya oleh adanya aktivitas bakar-bakar sampah.

Untungnya, petugas Damkar Balik Bukit bergerak cepat melakukan pemadaman api yang nyaris menjalar keseluruh lahan dan telah mendekati pemukiman. 

Kabid Damkar Ruspel Gultom, mewakili Kepala Satpol-PP, Damkar dan Penyelamatan Lampung Barat Haiza Rinsa, S.H., mengatakan, setelah menerima informasi adanya kebakaran lahan pihaknya langsung bergerak cepat dengan menurunkan petugas beserta satu unit Damkar dari UPT Damkar Balik Bukit.

BACA JUGA:DPMP Lampung Barat Rekomendasikan 107 Pekon

”Setelah mendapat laporan dari peratin setempat, petugas langsung kami turun ke lokasi. Alhamdulillah api berhasil dengan dipadamkan sehingga tidak sampai meluas ke semua lahan yang dekat dengan pemukiman penduduk tersebut,” terang Ruspel.

Mengingat kejadian ini merupakan kali kedua terjadi di wilayah Balik Bukit, pihaknya tidak bosan-bosannya kembali mengimbau masyarakat untuk tidak melakukan aktivitas pembakaran di lokasi yang dekat dengan lahan gambut, apalagi dengan kondisi lahan yang mengalami kekeringan.

“Intinya kami kembali mengingatkan masyarakat supaya waspada dan tidak melakukan aktivitas yang dapat memicu terjadinya kebakaran, karena ditengah musim kemarau saat ini bukan hanya bakar-bakar sampah bahkan membuang puntung rokok sembarangan juga bisa memicu terjadi kebakaran, jadi semua harus waspada,” pintanya.

Terakhir ia kembali menginformasikan bahwa untuk mendukung percepatan penanggulangan bencana kebakaran, apabila terjadi kebakaran dapat melapor atau menghubungi Damkar Balik Bukit melalui petugas di nomor (0728) 21902 atau 0823 8730 6535, UPT Damkar Belalau 0852 67347538, UPT Damkar Sukau 0852 6734 6346, UPT Damkar Way Tenong 0852 6734 6246, UPT Damkar Kebun Tebu 0821 8165 7750, dan UPT Damkar Sumber Jaya 0821 7543 9054.

BACA JUGA:Komunitas Pendaki dan Pecinta Alam akan Kibarkan Merah Putih di Puncak Gunung Pesagi

Sementara, Peratin Sebarus Melky Dafirzata membenarkan kejadian tersebut. Kebakaran terjadi lahan pertanian atau sawah yang telah usang milik dinas ketahanan pangan.

Menurut pengakuannya, penyebabnya kebakaran masih belum diketahui, namun diperkirakan api berasal dari pembakaran sampah yang tiba-tiba merambat ke lahan pertanian yang kondisi rumputnya kering akibat kemarau.

“Tentunya atas kejadian ini kami turut mengimbau agar masyarakat tidak melakukan aktivitas bakar-bakar, kalaupun harus dilakukan kita minta supaya di tunggu agar tidak membahayakan objek lainnya. Di mohon ini dapat menjadi perhatian bersama,” tutup Melky.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: