Pembangunan Paving Blok Program Ketahanan Pangan Tahun 2022 Dipresiasi Masyarakat Sumberjaya

Pembangunan Paving Blok Program Ketahanan Pangan Tahun 2022 Dipresiasi Masyarakat Sumberjaya

--

MEDIALAMPUNG.CO.ID - Dana Desa merupakan dana dari anggaran APBN yang disalurkan melalui pemerintah Daerah yang nantinya disalurkan ke setiap rekening desa.

Dalam kebijakan pengelolaan Dana Desa tersebut, Pemerintah juga menerbitkan kebijakan terkait pemanfaatan 20% Dana Desa untuk program ketahanan pangan.

Dimana ketahanan pangan merupakan suatu kondisi terpenuhinya kebutuhan pangan bagi rumah tangga yang tercermin dari tersedianya pangan secara cukup , baik dari jumlah maupun mutunya, aman, merata dan terjangkau.

Oleh karena itu pemerintah desa Sumberjaya Kecamatan Jatiagung Kabupaten Lampung Selatan melalui program ketahanan pangan Di tahun anggaran 2022 melakukan pembangunan Berupa Paving Blok yang terletak di dusun 3.

BACA JUGA:Tim Ahli Cagar Budaya Lampung Barat Gelar Sidang Penetapan Dua Situs dan Satu Bangunan Bersejarah

Pembangunan jalan paving block dikerjakan menggunakan Dana Desa tahun 2022 sepanjang 243 meter menelan anggaran sebesar Rp.97.198.700.

Menurut Kepala Desa Sumberjaya Idham mengatakan bahwa pembangunan Jalan Paving Blok yang berada di dusun 3 ini dalam pelaksanaannya sudah melewati musyawarah Dusun yang dilanjutkan ke Musdesus Desa yang diketahui oleh jajaran Pemerintah Kecamatan serta Pendamping Kecamatan maupun desa.

"Jalan akses ketahanan pangan ini dibangun dengan diawali dengan Musyawarah Tingkat dusun dengan dasar karena susah dilewati saat musim penghujan," ungkap Idham.

Lanjutnya Dengan adanya program Ketahanan Pangan dari Dana Desa  tahun Anggaran 2022 maka pemerintah desa meningkatkan dengan pembangunan Paving Blok.

BACA JUGA:Sejarah Terciptanya Lambang Garuda Pancasila

"Jalan ini juga menjadi sarana fasilitas umum seperti akses perekonomian dan pendidikan karena terdapat pasar di lingkungan serta terdapat sarana Pendidikan Taman Kanak Kanak (TK)," jelasnya.

Adapun pembangunan jalan paving blok itu  mendapat apresiasi dan sangat dirasakan oleh masyarakat.

Pujian tersebut disampaikan beberapa warga, saat meninjau hasil pembangunan di lingkungan pasar desa tersebut.

Selain melakukan tinjauan masyarakat juga meminta kepada Kepala Desa Sumberjaya Idham pada tahun 2024 mendatang untuk meneruskan pembangunan paving block menuju TK Sunan Kalijaga.

BACA JUGA:GILAAA!!! DANA Surprize Beri Hadiah Saldo Jutaan Rupiah untuk Akun Lama dan Baru, hanya Berlaku Sampai Besok

“Kami minta kepada kepala desa Sumberjaya Idham agar tahun 2024 mendatang bisa meneruskan pemasangan paving block menuju TK Sunan Kalijaga,” kata Kepala TK Sunan Kalijaga Yuniarni.

Sementara hal yang sama juga diungkapkan oleh warga setempat bahwa pembangunan ini sangat membantu masyarakat dalam beraktifitas karena ini menjadi jalan penghubung dusun antara dusun 3 menuju dusun 4.

"Kita sangat berterima kasih dengan pembangunan jalan ini ,sudah lama jalan ini rusak, apalagi kalau musim hujan lumpur semuanya," kata Rizal

Serta menurutnya bahwa pembangunan ini  sesuai dan sangat dinikmati oleh masyarakat, mengingat jalan ini sudah bertahun-tahun dalam kondisi rusak dan licin saat musim hujan.

BACA JUGA:Bisa Dapat BLT Rp3,5 Juta Sembari Menunggu Kapan BSU 2023 Cair

Rizal juga menambahkan bahwa akses yang di lewati pembangunan ini memang bukan lahan pribadi seorang tetapi memang tanah pemerintah, serta badan jalan tersebut memang sebelumnya masyarakat yang membukanya.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: