Cegah Penularan DBD, Pekon Rawas Laksanakan Fogging

Cegah Penularan DBD, Pekon Rawas Laksanakan Fogging

--

PESBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID – Pemerintah Pekon Rawas, Kecamatan Pesisir Tengah, Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), melakukan upaya pencegahan agar kasus demam berdarah dengue (DBD) tidak semakin meluas di pekon setempat.

Salah satu kegiatan yang dilaksanakan yakni dengan melakukan fogging atau pengasapan pada lingkungan rumah warga, terutama pada rumah-rumah yang ditemukan ada kasus DBD di wilayah pekon setempat yang mulai dilaksanakan pada Selasa (15/8).

BACA JUGA:Dalam Kondisi Darurat, Masyarakat Pesisir Barat Bisa Hubungi 112

Sekretaris Desa (Sekdes-Red) Pekon Rawas Sahroji., mendampingi peratin Rawas Benzar Bunyamin., mengatakan sejak awal bulan lalu kasus DBD sudah banyak ditemukan di Pekon Rawas, bahkan saat ini masih ada warga yang dirawat karena terjangkit DBD.

“Sekarang kasus DBD masih terjadi di Pekon Rawas, karena itu untuk melakukan pencegahan agar penyakit tersebut tidak semakin meluas, hari ini kami melakukan fogging pada lingkungan rumah warga,” kata dia.

BACA JUGA:DPRD Pesisir Barat Segera Bahas Lima Usulan Ranperda

Dijelaskannya, dalam melaksanakan fogging tersebut pihaknya mendapatkan pendampingan dari Puskesmas Krui dan anggota TNI-Polri, sehingga pelaksanaan fogging bisa berjalan dengan maksimal.

“Dalam melaksanakan fogging itu, kita mendapatkan pendampingan dari Puskesmas Krui, meski alat kita yang menyiapkan namun harus sesuai dengan instruksi dan arahan dari Puskesmas,” jelasnya.

BACA JUGA:Meriahkan HUT ke-78 Kemerdekaan RI, Disdikbud Pesisir Barat Gelar Lomba Mural

Dikatakannya, dalam pelaksanaan fogging itu, sekitar 50 unit rumah warga yang menjadi sasaran, untuk tahap pertama di lingkungan rumah yang ditemukan ada kasus DBD tersebut.

“Sekarang masih kita lakukan untuk rumah-rumah yang terdapat kasus DBD, apalagi saat ini masih ada warga yang menjalani perawatan di RSUD KH. Muhammad Thohir karena terjangkit DBD,” terangnya.

BACA JUGA:Meriahkan Semarak HUT RI, Peratin Gendon Usung Pasukan Ikuti Touring di Waspada

Menurutnya, dalam mencegah DBD tersebut tidak hanya bisa dilakukan dengan fogging, akan tetapi harus dilakukan dengan menjaga kebersihan lingkungan rumah agar tidak menjadi tempat berkembangbiak nyamuk penular DBD.

“Pencegahan harus dilakukan oleh masyarakat dengan menjaga kebersihan lingkungan, karena nyamuk DBD itu akan mudah berkembangbiak pada lingkungan rumah yang tidak terawat, apalagi jika ada genangan air pada wadah yang bisa menampung air,” pungkasnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: