Kebakaran Lahan Gambut Gegerkan Warga Pekon Negeri Ratu Lampung Barat

Kebakaran Lahan Gambut Gegerkan Warga Pekon Negeri Ratu Lampung Barat

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Peristiwa kebakaran lahan gambut menggegerkan warga Pemangku I, Pekon Negeri Ratu, Kecamatan Batu Brak, Kabupaten Lampung Barat Jumat malam 11 Agustus 2023 sekitar pukul 20.00 WIB.

Namun, berkat kesigapan Personel UPT Damkar Kenali, kobaran api yang nyaris merambat ke pemukiman warga yang tidak jauh dari lokasi itu berhasil dipadamkan sekitar pukul 21.00 WIB.

BACA JUGA:Gak Bahaya Ta? Warga Pesisir Barat Lampung Sering Bangun Rumah di Pinggir Sungai dan Pantai

Peratin Negeri Ratu Herpin Adya mengatakan, belum diketahui pasti penyebab kebakaran itu, namun pihaknya menduga kebakaran itu disebabkan oleh adanya warga yang sedang bakar-bakar atau merun hingga merambat ke lahan yang berisi tanaman liar jenis asam.

"Akibat kejadian itu ada belasan meter lahan yang hangus, untungnya berkat kesigapan petugas UPT Damkar Kenali api berhasil dipadamkan sehingga tidak meluas ke pemukiman warga yang tidak jauh dari lokasi," jelasnya.

BACA JUGA:Warga Bukit Kemuning Keluhkan Pencemaran Akibat Limbah Tahu-Tempe

Atas peristiwa ini, pihaknya mengimbau masyarakat untuk tidak melakukan aktivitas pembakaran di sekitar lahan kering, karena itu dapat memicu kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

"Peristiwa ini menjadi pelajaran agar kedepan kita bisa lebih berhati-hati, karena dampaknya bisa membahayakan pemukiman," imbuhnya.*

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: