Marwiyah Ungkap Upaya SDN 1 Giham Meraih Penghargaan Adiwiyata Provinsi 2023

Marwiyah Ungkap Upaya SDN 1 Giham Meraih Penghargaan Adiwiyata Provinsi 2023

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Memanfaatkan peluang dan kesempatan serta keseriusan dalam melaksanakan, itulah trik yang dilakoni SDN 1 Giham Sukamaju, Kecamatan Sekincau, Kabupaten Lampung Barat (Lambar) hingga meraih anugerah sekolah Adiwiyata tingkat Provinsi Lampung Tahun 2023. 

Bahkan skor angka penilaian sebagai runner up di bawah SMP Negeri 1 Kebun Tebu dari 15 sekolah tingkat SD Dan SMP Se Provinsi Lampung yang menerima piagam dan piala anugerah dari Gubernur Arinal Djunaidi. 

Dari catatan data yang berhasil di rangkum SDN 1 Giham Sukamaju menjadi SD pertama di wilayah Kecamatan Way Tenong, Pagar Dewa, Batu Ketulis, Belalau dan Sekincau yang masuk sebagai sekolah adiwiyata tingkat provinsi. 

Kepala SDN 1 Giham Sukamaju Hj Marwiyah Kusmiran, S.Pdi, M.M., mengungkapkan perjalanan sekolah yang dipimpinnya dalam meraih penghargaan adiwiyata yang secara otomatis 2024 mendatang masuk seleksi Adiwiyata tingkat nasional tersebut.  

BACA JUGA:Penutupan U-Turn Jalan Teuku Umar Kedaton Jadi Pemicu Kemacetan, Ini Kata Dishub Bandar Lampung

Dikatakannya Tahun 2021 SDN 1 Giham dicalonkan masuk nominasi sekolah adiwiyata tingkat kabupaten, dan sejak itulah upaya penataan segala bidang dilaksanakan di bawah Binaan Dinas Lingkungan Hidup (DLH),  Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud)  Lambar. 

Kemudian di tahun 2022 masuk sebagai sekolah adiwiyata kabupaten dan tahun ini (2023) masuk sebagai sekolah adiwiyata provinsi. 

Tentunya atas capaian tersebut dianggap marwiyah selain sebuah penghargaan tapi juga hadiah atas kerja nyata yang dilakukan, oleh semua pihak termasuk tim Adiwiyata sekolah, dewan guru serta anak didik. 

"Anugerah adiwiyata ini kami dedikasikan sebagai hadiah di momentum HUT RI ke 78, tahun 2023," ungkapnya.

BACA JUGA:Bripda IM Sempat Niat Jual Senpi kepada Bripda ID Sebelum Tertembak

Lanjut Marwiyah, Kementerian Lingkungan Hidup telah memprogramkan Sekolah Adiwiyata. 

Tujuannya, membentuk sekolah peduli dan berbudaya lingkungan yang mampu berpartisipasi dan melaksanakan upaya pelestarian lingkungan dan pembangunan berkelanjutan bagi kepentingan generasi sekarang maupun yang akan datang.

Camat Sekincau Andy Chahyadi, S.H, M.A., menyampaikan ucapan selamat atas anugerah Adiwiyata provinsi SDN 1 Giham, dan berpesan agar sasaran dari adiwiyata itu sendiri menjadi sebuah tradisi dalam kehidupan di lingkungan sekolah maupun dalam kehidupan keluarga SMP tersebut, serta dapat di ketuk telurkan dalam kehidupan masyarakat pada umumnya.

"Penghargaan Adiwiyata adalah sebuah penghargaan yang diberikan bagi sekolah yang berhasil melaksanakan Gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah (PBLHS)," imbuh dia. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: