Satlantas Ajak Orang Tua Larang Anak Dibawah Umur Kendarai Sepeda Motor ke Sekolah

Satlantas Ajak Orang Tua Larang Anak Dibawah Umur Kendarai Sepeda Motor ke Sekolah

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Satuan Polisi Lalu Lintas (Satlantas) Polres Lampung Barat mengajak para orang tua agar tidak mengizinkan anak-anaknya yang masih di bawah umur mengendarai sepeda motor saat pergi ke sekolah.

Apalagi, saat berkendara anak-anak tersebut tidak memakai perlengkapan atribut saat berkendara seperti tidak mengenakan helm.

BACA JUGA:Pendistribusian Bantuan Program Ketahanan Pangan Pekon Muarabaru Disambut Gembira

Kasat Polres Lambar Iptu David Pulner, S.H., mendampingi Kapolres Lambar AKBP Heri Sugeng Priyantho, S.Ik, menjelaskan sesuai aturan Undang-Undang nomor 22 tahun 2009 tentang lalulintas dan angkutan jalan, dimana pada pasal 281 dijelaskan bahwa tidak diperbolehkan mengendarai sepeda motor bagi pengendara yang belum memiliki SIM dan KTP.

"Larangan berkendara sepeda motor bagi kalangan anak dibawah umur ini untuk mencegah kecelakaan lalu lintas yang bisa berakibat fatal, apalagi lakalantas banyak terjadi di kalangan pelajar," ujarnya.

BACA JUGA:Telah Dibuka Kartu Prakerja Gelombang 58, Berikut Syarat Daftar dan Besaran yang Diterima

Lebih lanjut Iptu David menjelaskan, adanya larangan anak di bawah umur mengendarai sepeda motor karena mereka belum mengetahui tentang tata cara berkendara dengan baik dan benar.

"Selain belum memahami sepenuhnya tata cara berkendara dengan baik dan benar, mereka juga sering tidak mengenakan helm sehingga akan berakibat fatal apabila terjadi lakalantas," jelasnya. 

BACA JUGA:Tim Forensik RS Bhayangkara Polda Lampung Melakukan Ekshumasi Jenazah Bacaleg A Rozak

Untuk itu pihaknya mengajak masyarakat khususnya para orang tua untuk tidak mengizinkan anak dibawah umur mengendarai sepeda motor ke sekolah seraya meminta dukungan pihak sekolah untuk turut serta mengedukasi siswanya agar senantiasa mematuhi aturan dan tata tertib dalam berlalu lintas.

"Pesan ini juga berlaku bagi pelajar tingkat SMA/SMK supaya disiplin dan mematuhi tata tertib lalu lintas dengan melengkapi atribut kendaraan, seperti mengenakan helm dan tidak ugal-ugalan di jalan raya," pesannya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: