Polres Lambar Terapkan Program Pemolisian Masyarakat melalui Polisi RW

Polres Lambar Terapkan Program Pemolisian Masyarakat melalui Polisi RW

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Kapolres Lampung Barat AKBP Heri Sugeng Priyantho, S.Ik., MH., memimpin apel penerapan Implementasi Pemolisian Masyarakat dan Polisi RW (Rukun Warga) di Lapangan Mapolres setempat, Senin 31 Juli 2023.

Apel itu diikuti sebanyak 349 personil yang terdiri dari Polres dan Polsek Jajaran serta perwakilan Ketua RW atau kepala pemangku di setiap pekon.

BACA JUGA:Jelang Perayaan Hari Kemerdekaan, SDN 2 Pajar Bulan Latihan Intensif

Dalam kesempatan itu, AKBP Heri Sugeng Priyantho menerangkan bahwa Polisi RW merupakan pembina dalam rangka menjaga Kamtibmas di wilayah binaan yang dalam hal ini diluar personel Bhabinkamtibmas. 

Selanjutnya, sekali dalam sepekan wajib mendatangi Ketua RW dengan mendengarkan, mencatat, menganalisis dan menyelesaikan permasalahan yang ada.

BACA JUGA:Keputusan akan Dianulir, Penarikan Infaq Rp500 Ribu di MTsN 1 Lambar akan Dikembalikan

"Untuk ketahui bersama bahwa tujuan pembentukan Polisi RW adalah untuk menciptakan dan memelihara keamanan ketertiban masyarakat (Harkamtibmas), mendekatkan anggota Polri dengan masyarakat serta memperkuat data Kepolisian tentang Potensi ancaman keamanan sampai tingkat bawah," ujarnya.

Personil yang ditunjuk sebagai Polisi RW, terusnya, akan ditempatkan di seluruh lingkungan yang ada di Lampung Barat serta melibatkan personil dari seluruh satuan fungsi yang ada di Polres dan Polsek. 

BACA JUGA:Aparat Pekon Way Petai Hadiri Panen Cabai dan Tomat Program Ketahanan Pangan 2022

Satfung tersebut diantaranya adalah Sat-Reskrim, Sat-Lantas, Sat-Intelkam, Sat-Samapta, Sat Narkoba, dan Staff Polres.

"Tugas pokok dari Polisi RW yaitu hadir dan memperkenalkan diri serta tukaran nomor telepon dan gabung Grup WhatsApp di RW setempat. Mendengarkan saran, masukan, dan keluhan dn mencoba mencari solusi atau meneruskan ke Polsek. Melakukan penilaian keamanan di wilayah binaannya," kata dia.

BACA JUGA:Gedung PLUT dan Promosi UMKM akan Diresmikan Bersamaan HUT Lampung Barat

Terakhir, Heri berharap agar Polisi RW dapat segera beradaptasi dan melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya guna terciptanya kamtibmas yang aman dan kondusif di Lampung Barat serta Polri yang dicintai masyarakat.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: