Gedung PLUT dan Promosi UMKM akan Diresmikan Bersamaan HUT Lampung Barat

Gedung PLUT dan Promosi UMKM akan Diresmikan Bersamaan HUT Lampung Barat

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Gedung Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) dan gedung pusat layanan promosi yang tengah dibangun Pemkab Lampung Barat, bersumber Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun anggaran 2023 ditargetkan akan diresmikan bersamaan dengan perayaan HUT Lampung Barat ke-32 pada September mendatang.

Untuk memastikan pembangunannya berjalan sebagaimana mestinya, Penjabat (Pj) Bupati Lampung Barat Drs. Nukman, MM., didampingi Kepala Dinas Koperindag Tri Umaryani, SP, M.Si., Kepala DPUPR Ir. Hi. Ansari, Kepala Diskominfo Munandar, serta sejumlah pejabat lainnya melakukan peninjauan langsung di lokasi dibangunnya Gedung Pusat Layanan Promosi di Kawasan Sekuting Terpadu Pekon Watas Kecamatan Balik Bukit, serta pembangunan Gedung PLUT di komplek perkantoran Pemkab Lampung Barat,  Senin 31 Juli 2023.

Dikonfirmasi di sela-sela peninjauan, Nukman menyampaikan bahwa berdasarkan hasil koordinasi dengan pelaksana dan pengawas pembangunan dua gedung tersebut yakni untuk gedung PLUT sudah mencapai 50 persen, sementara untuk gedung layanan promosi baru 10 persen.

"Waktu pelaksanaan sesuai kontrak masih lama, sehingga kita optimis dengan progres yang ada saat ini, pelaksanaan pembangunannya bisa selesai sesuai kontrak yakni akhir Oktober, dan insha Allah bisa kita resmikan bersamaan dengan HUT Lampung Barat pada September mendatang," ungkap Nukman.

BACA JUGA:Police Goes To School, Satlantas Beri Edukasi Soal Aturan Lalulintas ke Siswa

Dikatakannya, dengan dibangunnya gedung Pusat promosi dan Plut tersebut, dikatakan Nukman kedepannya, diharapkan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang berada di Lampung Barat dapat diakomodir dan dapat menopang UMKM yang berada di Lampung Barat sehingga meningkatkan kesejahteraan masyarakat. 

"Jadi disini nanti akan kita sediakan tempat pelatihan kepada masyarakat agar usahanya lebih berkembang," imbuhnya. 

Sementara itu, Fathul Hidayat, Pelaksana dari CV Putra Sarana Konstruksi dalam pembangunan gedung PLUt senilai Rp4.355.204.000,- tersebut mengatakan, pihaknya menargetkan pembangunan PLUT bisa selesai sesuai jadwal.

"Luas bangunan gedung PLUT yang dibangun  750 meter, terdiri dari dua tingkat. Untuk jumlah pekerja saat ini ada 28 orang, dan nanti mendekati finishing jumlah pekerja akan kami tambah," kata Fathul.

BACA JUGA:Warga Lampung Utara Keluhkan Harga Gas Elpiji 3 Kg Melonjak Tinggi

Sementara itu, Tarsim Konsultan Pengawas CV. Tiara mengatakan, setiap tahapan pembangunan dilakukan pengawasan secara maksimal, selain itu koordinasi dengan pihak pelaksana juga sejauh ini terbangun dengan baik.

Perihal rumor, bahwa pembangunan gedung PLUT diragukan lantaran didirikan diatas lahan yang baru ditimbun dan tidak dilakukan pemadatan, Tarsim membantah hal tersebut. 

Menurutnya, sebelum dilakukan pembangunan terlebih dahulu dipadatkan menggunakan woles 12 ton.

"Jadi kalau ada rumor yang mengatakan bahwa tidak dilakukan pemadatan itu tidak benar, karena pelaksana melakukan pemadatan selama dua hari menggunakan woles yang 12 ton," kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: