Jaringan Listrik Bawah Laut Rusak, PLN Penuhi Listrik Warga Dengan Mesin Diesel

Jaringan Listrik Bawah Laut Rusak, PLN Penuhi Listrik Warga Dengan Mesin Diesel

--

PESBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID – Masyarakat Kecamatan Pulau Pisang, Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), sejak beberapa bulan terakhir tidak lagi menikmati listrik yang berasal dari jaringan listrik bawah laut menuju pulau itu.

Camat Pulau Pisang, Apriyansyah, S. Kom., mengatakan kini pasokan listrik di Pulau Pisang tidak lagi bersumber dari kabel jaringan listrik bawah laut, tapi menggunakan mesin diesel yang beroperasi 24 jam.

BACA JUGA:Lampu PJU Solar Cell di Pesisir Barat Banyak Tidak Berfungsi

“Sejak tahun 2022 lalu, jaringan listrik kabel bawah laut menuju Pulau Pisang mengalami kerusakan, sehingga tidak bisa memenuhi kebutuhan listrik masyarakat di pulau itu,” kata dia.

Dijelaskannya, pihaknya tidak mengetahui secara persis kerusakan yang terjadi pada jaringan listrik bawah laut itu, tapi hingga kini jaringan listrik itu belum berfungsi, sehingga untuk memenuhi kebutuhan masyarakat masih menggunakan mesin diesel.

BACA JUGA:DPMPTSP Lampung Barat Bagikan Bendera Merah Putih kepada Masyarakat

“Ada empat mesin diesel yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan listrik masyarakat pulau pisang, dimana empat mesin itu akan bergantian menyala setiap harinya,” jelasnya.

Ditambahkannya, dalam memenuhi kebutuhan listrik masyarakat dengan menggunakan mesin diesel itu, seluruhnya disiapkan oleh PLN, termasuk bahan bakar minyak yang digunakan dan mesin diesel juga milik PLN.

BACA JUGA:Tingkatkan Pendapatan Pajak, Samsat Liwa Buka Pelayanan Samling

“Bahkan, ada petugas yang disiapkan oleh PLN untuk siaga setiap hari di pulau pisang yang bertugas mengatur operasional mesin diesel dan melakukan perawatan agar terus menyala,” terangnya.

Menurutnya, penggunaan listrik yang berasal dari jaringan listrik PLN dan dengan menggunakan mesin diesel sangat berbeda, karena itu pihaknya berharap pihak PLN dapat melakukan perbaikan pada jaringan listrik bawah laut yang mengalami kerusakan itu.

BACA JUGA:Seluruh Indonesia Wajib Tahu! Info Penting Bagi Pemilik Sepeda Listrik

“Kami berharap, perbaikan jaringan listrik bawah laut itu dapat dilakukan, sehingga kembali normal dan masyarakat tidak lagi menggunakan mesin diesel untuk memenuhi kebutuhan listrik mereka,” tandasnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: