Pemkab Pesisir Barat Serahkan Bantuan Korban Kebakaran di Daerah Terpencil

Pemkab Pesisir Barat Serahkan Bantuan Korban Kebakaran di Daerah Terpencil

--

PESBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) menyerahkan bantuan bidang sosial dan bantuan bidang perumahan pasca bencana musibah kebakaran, sekaligus melaksanakan kegiatan pelayanan KB gratis di Pekon Siring Gading Kecamatan Bangkunat, Jumat 28 Juli 2023.

Hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Bupati Pesbar A.Zulqoini Syarif, S.H., Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Pesbar dr.Budi Wiyono, M.H., Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Pesbar, Agus Triyadi, S.IP, M.M., perwakilan Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPRKP) Pesbar, Camat, Peratin, tokoh adat, tokoh agama, serta pihak terkait lainnya.

Kepala Dinas Sosial Pesbar, Agus Triyadi, menyampaikan pelaksanaan kegiatan ini dimaksudkan untuk membantu masyarakat yang mengalami musibah kebakaran, tepatnya di Dusun Menanga Jaya, Pekon Siring Gading, Kecamatan Bangkunat pada Selasa 2 Mei 2023 lalu.

Sumber api diduga berasal dari accu tenaga surya yang mengalami konsleting yang mengakibatkan satu rumah mengalami rusak berat hangus terbakar tanpa adanya korban jiwa.

BACA JUGA:Dukung Gerakan Pengibaran 10 Juta Bendera Merah Putih, Disporapar Bagikan Bendera ke Masyarakat dan Tokoh Adat

"Kami dari tim pengkajian kebutuhan pasca bencana (jitupasna) yang terdiri dari beberapa OPD terkait di lingkungan Pemkab Pesbar telah melaksanakan peninjauan lokasi pasca bencana dan berkoordinasi dengan berbagai pihak," katanya.

Lanjutnya, dengan berbagai upaya yang telah dilakukan dan mendapatkan dukungan dari Pemkab setempat. 

Sehingga dapat diberikan bantuan kepada masyarakat korban bencana, yang diperuntukan untuk perbaikan rumah sebesar Rp30.000.000,- dan bantuan sosial sebesar Rp15.000.000,-. 

Jadi total bantuan yang dapat diberikan oleh Pemkab Pesbar melalui DPRKP dan Dinas Sosial sebesar Rp45.000.000,-.

BACA JUGA:Peringati 10 Muharram, Pekon Way Petai Gelar Doa Bersama dan Santuni Puluhan Anak Yatim Piatu

Bantuan ini diserahkan kepada satu orang korban dari Pekon Siring Gading.

"Nilai bantuan tersebut merupakan hasil dari pengkajian dan perhitungan tim Jitupasna Kabupaten Pesbar," jelasnya.

Selain itu, tambah dia, dalam kegiatan ini juga sekaligus melaksanakan pelayanan KB bergerak daerah terpencil secara gratis dan pembinaan kader kelompok kegiatan, serta kegiatan pembinaan tim pendamping keluarga 

Kegiatan itu dilaksanakan selama dua hari di empat Pekon yaitu Pekon Way Haru, Siring Gading, Bandar Dalam dan Way Tiyas, dalam rangka koordinasi teknis percepatan penurunan stunting.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: