Kukang Kerap Jadi Penyebab Padamnya Listrik di Lampung Barat

Kukang Kerap Jadi Penyebab Padamnya Listrik di Lampung Barat

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID – Akhir-akhir ini pemadaman listrik sering terjadi di Lampung Barat

Pemadaman itu beberapa kali disebabkan oleh adanya hewan kukang yang tersengat arus listrik saat menaiki kabel jaringan, seperti yang terjadi pada Senin malam 24 Juli 2023 di Pekon Kubu Perahu, Kecamatan Balik Bukit.

BACA JUGA:2024, Disporapar Lampung Barat Usulkan DAK Fisik Bidang Pariwisata Rp5,798 Miliar

Dari informasi yang dihimpun, Kejadian itu bukan kali pertamanya terjadi, setelah sebelumnya terjadi di Pekon Sebarus dan Pekon Watas serta beberapa wilayah lainnya. 

Manager ULP PLN Liwa Henry Sinaga membenarkan jika akhir-akhir ini memang cukup banyak terjadi gangguan listrik yang diakibatkan oleh hewan kukang. 

BACA JUGA:4 Atlet Inkai Lampung Asal Lampung Barat Ikut Pra PON di Kalimantan Selatan

Sejumlah upaya pencegahan sudah dilakukan namun kondisi itu masih saja terjadi.  

“Bulan ini saja sudah ada dua kukang yang mati akibat tersengat listrik, ketika tersengat otomatis mengakibatkan gangguan sehingga listrik pun padam. Kami sudah rutin melakukan pencegahan atau antisipasi tapi masih saja terjadi,” ujar Henry, Selasa 25 Juli 2023.

BACA JUGA:Dua Pelaku Pencuri Gilingan Padi Diamankan Polsek Natar Lampung Selatan

Antisipasi itu, terusnya, dilakukan mulai dari memasang aksesoris pelindung konduktor agar aman ketika dilalui oleh hewan-hewan tersebut serta membatasi akses hewan tersebut melalui media pepohonan.

“Berbagai upaya itu sudah dilakukan termasuk tim kita juga sudah on progres setiap hari untuk memasang protective sleeve, penutup kabel serta alat pengaman jaringan lainnya. Hanya saja karena hewan jenis kukang ini kan sifat penasarannya tinggi jadi senang memanjat, walaupun sudah dipasang pelindung tetap saja hewannya jalan di kabel,” tandasnya.

BACA JUGA:Industri Sudah Dilakukan PT Timah Sejak 1998, Airlangga : Hilirisasi Menjadi Kunci

Sementara, Ranti salah seorang Warga Pekon Kubu Perahu mengatakan, sebelum padam dirinya sempat mendengar bunyi ledakan dan percikan api besar beberapa kali di kabel tiang yang dipanjat kukang tersebut. 

“Sempat ada suara dentuman yang keras, tak berselang lama listrik padam. Tapi tadi malam masalah itu langsung diatasi pihak PLN sehingga tidak lebih dari satu jam listrik sudah kembali teraliri atau menyala,”ujarnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: