Ancam Keselamatan Pengguna Jalan, Lurah Gedong Air Pangkas Pohon Besar di Pinggiran Jalan

Ancam Keselamatan Pengguna Jalan, Lurah Gedong Air Pangkas Pohon Besar di Pinggiran Jalan

--

MEDIALAMPUNG.CO.ID - Ancam penguna jalan Kelurahan Gedong air Kecamatan Tanjung Karang Barat (TKB) Bandar Lampung bersama Dinas Lingkungan Hidup (DLH) melakukan pemangkasan pohon di jalan imam bonjol tepat di gang durian wilayah tersebut.

Lurah gedong air mengatakan pemangkasan tanaman ataupun pohon merupakan salah satu kegiatan rutin yang dilakukan oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bandar Lampung.

Pemangkasan dilakukan secara intensif terutama pada pohon-pohon tepi jalan, mengingat saat ini memasuki musim panas disertai angin kencang. 

Keberadaan pohon-pohon tepi jalan yang tidak terawat dapat menjadi ancaman bagi pengguna jalan.

BACA JUGA:Camat Labuhan Ratu Pantau Kegiatan Posyandu

Dapat terlihat jenis kayu yang dipangkas memiliki daun-daun tumbuh rimbun dan apabila terjadi hujan deras yang disertai angin kencang, seringkali terjadi pohon tumbang.  

Untuk itu, petugas dari Bidang Pemeliharaan Lingkungan Hidup melakukan pemangkasan pohon di jalan imam bonjol wilayah Kelurahan setempat.

Untuk mempermudah proses pemangkasan dan pemotongan pada pohon yang tinggi, petugas menggunakan alat yang biasa digunakan.

Menurutnya pemangkasan dan pemotongan dilakukan dengan membersihkan ranting pohon yang menjuntai ke badan jalan agar tidak membahayakan keselamatan pengguna jalan. 

BACA JUGA:Bank Mandiri Terbitkan Kartu Debit dan E-money Plastik Daur Ulang Pertama di Indonesia

Pemangkasan dan pemotongan juga dilakukan terhadap cabang yang sudah tua dan tidak produktif.

“Penebangan pohon itu dilakukan dikarenakan banyaknya keluhan masyarakat, terutama pengguna jalan saat melintas di kawasan ini," ujarnya.

Lanjutnya selain rawan tumbang saat musim hujan, pohon-pohon tua yang tumbuh di tepi jalan tersebut sering dikeluhkan lantaran akarnya mengganggu pengguna jalan.

“Kami tebang pohon yang rawan tumbang, termasuk yang keropos bawah, di samping itu juga atas permintaan dari warga setempat,” imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: