Cegah Penyalahgunaan Narkotika Sejak Dini, Polres Lampung Barat Lakukan Penyuluhan di SMA 2 Liwa

Cegah Penyalahgunaan Narkotika Sejak Dini, Polres Lampung Barat Lakukan Penyuluhan di SMA 2 Liwa

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Untuk mencegah penyalahgunaan narkotika sejak dini, Satuan Binmas Polres Lampung Barat menyambangi sejumlah sekolah untuk melakukan penyuluhan tentang narkotika.

Salah satunya di tengah pelaksanaan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) di SMA Negeri 2 Liwa Kelurahan Pasar Liwa, Kecamatan Balik Bukit, Selasa (18 Juli 2023).

BACA JUGA:Berikut Manfaat Rebusan Daun Pepaya Bagi Wanita

Kegiatan penyuluhan yang diikuti sebanyak 200 peserta didik baru itu di pimpin oleh Plh Kasat Binmas Polres Lambar AKP Suherman S.H., didampingi Kanit Bintibsos Sat Binmas Bripka M. Hasan Muslimin dan dihadiri Kepala SMAN 2 Liwa Budi Wiryawan, S.Pd., serta para dewan guru.

Dalam pemaparan materinya, Plh Kasat Binmas Polres Lambar AKP Suherman menjelaskan bahwa narkotika adalah zat-zat alami maupun kimiawi yang apabila dimasukan kedalam tubuh baik secara oral (minum, hirup, hisab dan sedot) maupun secara injeksi/suntikan dapat mengubah pikiran, suasana hati atau perasaan dan perilaku seseorang.

BACA JUGA:Masuk 10 Besar Pemasaran Pariwisata Terbaik Nusantara, Lampung Barat Terima APPI 2023 dari Menparekraf

"Narkoba terdiri dari beberapa jenis yaitu sabu, ganja, ekstasi, heroin, tembakau sintetis, morphine, pil koplo dan lain sebagainya. Undang - undang yang mengatur tentang Narkoba yaitu Undang - Undang RI Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkoba," terangnya

Terusnya, narkoba dalam penggunaan yang tidak diawasi dapat menimbulkan dampak negatif. 

BACA JUGA:Keutamaan Berpuasa pada Bulan Muharram

Sehingga, salah satu cara agar bahaya itu tidak meluas dampaknya maka pihaknya turun melakukan sosialisasi dan edukasi melalui peran orang tua, guru maupun pemangku kebijakan sebagai bagian dari masyarakat.

"Untuk dilingkungan sekolah dibutuhkan peran dari sebagai pendidik, penasehat, pembimbing dan lebih utama lagi sebagai problem solver. Namun peran guru ini tentu tidak akan memiliki kekuatan jika tidak didukung oleh peran sekolah," kata dia

BACA JUGA:Apel Hijau Kaya Manfaat, Diantaranya untuk Menyuburkan Rambut

Pihaknya berharap agar upaya pencegahan ini dapat diikuti oleh semua unsur yang ada di sekolah sebagai salah satu upaya untuk mencegah rusaknya anak bangsa oleh penyalahgunaan narkotika.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: