Masalah Sampah di Pantai Bandar Lampung, Deni Ribowo : Harus Ada FGD untuk Mencari Solusi Bersama

Masalah Sampah di Pantai Bandar Lampung, Deni Ribowo : Harus Ada FGD untuk Mencari Solusi Bersama

--

MEDIALAMPUNG.CO.ID - DPRD Provinsi Lampung mengapresiasi antusias masyarakat bersama Komunitas Pandawara dan Pemerintah Kota Bandar Lampung serta Pemprov Lampung yang bersama-sama bergotong royong membersihkan bibir pantai Sukaraja, Kota Bandar Lampung pada Senin 11 Juli 2023 kemarin. 

"Terima kasih kepada semua pihak. Saya melihat antusias sekali masyarakat yang ada di Bandar Lampung terus serta bersama dengan komunitas Pandawara juga pemerintah yang ikut bergotong royong membersihkan pesisir pantai," Kata Anggota DPRD Provinsi Lampung, Deni Ribowo saat dikonfirmasi pada Selasa 11 Juli 2023.

"Ini membuka mata kita bahwa pentingnya kebersihan lingkungan di masyarakat," sambungnya. 

Ia mengatakan kegiatan tersebut tidak hanya selesai disitu saja namun harus ada gerekan tertentu yakni gerakan Pentahelix dalam menyelesaikan permasalahan normalisasi.

BACA JUGA:Meskipun Pahit Khasiat Daun Pepaya Luar Biasa, Bisa Mengobati Demam Berdarah

"Pantai ini harus tidak bisa ditangani oleh satu elemen atau dinas-dinas tertentu tapi harus melibatkan partisipasi masyarakat luas. Nah tentu saya mengusulkan dalam waktu secepatnya harus ada Focus Group Discussion (FGD) dalam hal pembahasan langkah berikutnya," terangnya. 

Ia juga mengatakan dalam hal ini tidak ada yang harus mengalah, dan merupakan tanggung jawab bersama semua elemen masyarakat. 

"Dan ini juga tak elok pula misal ini tanggung jawab si kota atau tanggung jawab provinsi.  Tentu tidak ingin saling menyalahkan. Nah kita pengen cari solusi-solusinya kita ayo kita duduk bersama kita bahas seperti apa yang harus dilakukan," terangnya. 

Misal solusinya kalo di lokasi yang sudah dibersihkan kita buat pasar UMKM, tentu orang tidak akan lagi membuang sampah disitu. Kemudian mengintensifkan kan lagi RT/RW setempat. Jadi FGD harus dilakukan untuk solusi dari masalah tersebut," pungkasnya Anggota DPRD Fraksi Demokrat itu.

BACA JUGA:8 Daerah Penghasil Padi Terbesar di Indonesia

Sebelumnya akun TikTok @Pandawara mengupload sebuah video pantai yakni pantai Sukaraja, Kota Bandar Lampung dipenuhi sampah. 

Akun tersebut juga menyebut lokasi tersebut merupakan pantai terkotor kedua di Indonesia dan viral di media sosial (Medsos). 

Selanjutnya Pandawara mengajak seluruh masyarakat terutama di wilayah sekitar juga pemerintah Kota Bandar Lampung dan Pemerintah Provinsi Lampung untuk bersama-sama membersihkan tumpukan sampah tersebut yang sukses diselenggarakan hari ini, Senin 10 Juli 2023 dengan bergotong royong beberapa elemen masyarakat. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: