Pemeriksaan Hewan Kurban, Tim Keswan Pesisir Barat Temukan Sapi Terjangkit Cacing Hati

Pemeriksaan Hewan Kurban, Tim Keswan Pesisir Barat Temukan Sapi Terjangkit Cacing Hati

Pemeriksaan daging kurban--

PESBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID – Tim Kesehatan Hewan (Keswan), Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP), Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), melaksanakan pemeriksaan hewan kurban dalam pelaksanaan penyembelihan hewan kurban dengan fokus pada bagian dalam hewan kurban.

Kabid Peternakan, Rahmat Nursan, S. Pd., mendampingi Kadis KPP Pesbar Unzir, S.P., mengatakan setelah melaksanakan pemeriksaan untuk memastikan kelayakan hewan kurban, kini pemeriksaan untuk memastikan kondisi bagian dalam hewan kurban agar aman dikonsumsi.

BACA JUGA:341 Ekor Hewan Kurban Disembelih di Pesisir Barat

“Pemeriksaan yang kita laksanakan hari ini adalah untuk memastikan bahwa hewan kurban yang disembelih dan akan dibagikan ke masyarakat layak untuk dikonsumsi terutama bagian hatinya,” kata dia.

Dijelaskannya, dalam pemeriksaan bagian dalam organ sapi dan kerbau perlu dilakukan, hal itu agar bisa diketahui apakah terdapat cacing hati atau tidak, karena jika terdapat cacing hati maka akan langsung dibersihkan.

BACA JUGA:Insentif Guru Ngaji, Imam Masjid dan Marbot Disalurkan Melalui Rekening Per-Triwulan

“Kita melakukan pemeriksaan agar jika ada hati sapi atau kerbau yang terjangkit cacing hati bisa langsung dimusnahkan dan tidak dikonsumsi oleh masyarakat,” jelasnya.

Ditambahkannya, dalam melaksanakan pemeriksaan kesehatan hewan kurban itu, pihaknya telah terbagi dalam lima tim, masing-masing tim tersebar di seluruh wilayah Kecamatan Pesisir Tengah dan Way Krui dengan menyasar tempat-tempat yang melaksanakan kurban.

BACA JUGA:Rutan Krui Gelar Sholat Idul Adha-Pemotongan Hewan Kurban

“Pemeriksaan hewan kurban ini kita laksanakan dengan menyasar tempat-tempat penyembelihan hewan kurban untuk melihat bagian hatinya apakah terjangkit cacing hati atau tidak,” ujarnya.

Sementara itu, berdasarkan hasil pemeriksaan pada hari pertama penyembelihan hewan kurban, terdapat sejumlah hewan kurban yang terjangkit cacing hati, jika cacing hati sudah menyebar maka langsung dimusnahkan dengan cara dikubur atau dibakar.

BACA JUGA:Warga Bukit Kemiling Permai Shalat Idul Adha di Masjid Al Islah Kemiling Permai

“Selama hari tasyrik kita akan melakukan pemeriksaan hewan kurban, hal itu dilakukan untuk memastikan bahwa hewan kurban yang disembelih aman dari cacing hati,” tandasnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: