Pembangunan Sport Center Lampung Menunggu Pembebasan Lahan

Pembangunan Sport Center Lampung Menunggu Pembebasan Lahan

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Lampung, Descatama Paksi Moeda--

MEDIALAMPUNG.CO.ID - Soal Pembangunan Sport Center Lampung saat ini masih menunggu peralihan lahan dari PTPN 7 kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung.

Adapun lokasi perencanaan pembangunan sport center, Desa Way Huwi Kecamatan Jati Agung, Desa Way Galih dan Desa Sabah Balau Kecamatan Tanjung Bintang, Kabupaten Lampung Selatan.

BACA JUGA:Pembuatan Kartu Kuning di Lampung Barat Meningkat Pasca Kelulusan SMA Sederajat

"Tadi kami sudah rapat dengan Kepala Bappeda, BPKAD dipimpin pak Sekda mengundang dari BPN terkait progres tindak lanjut untuk peralihan tanah ke Pemprov dan hari ini akan ditindaklanjuti dengan opsi-opsi yang akan di laporkan ke pak Gubernur," kata Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Lampung, Descatama Paksi Moeda saat ditemui pada Senin 26 Juni 2023.

"Yang pasti pembangunan itu bisa dilakukan kalau urusan tanah sudah clear and clean kita tidak mau bermasalah dengan hukum dengan APH tapi yakin saja bahwa ingatan pak Gubernur untuk membangun Lampung sport center yang di dukung oleh Pemerintah Pusat karena sudah mendapatkan izin dari Pak Presiden itu kita kita mulai seluruh tahapannya dari tahun 2023 ini," imbuhnya.

BACA JUGA:Jajaran ASN Kankemenag Lambar Ikuti Sosialisasi Penguatan Moderasi Beragama

Ia menjelaskan hal utama saat ini yaitu Pemprov menyelesaikan proses peralihan tanah yang akan digunakan untuk pembangunan sport center.

"Kalau untuk konstruksi itu nanti di backup oleh Dinas Cipta Karya kalau Dinas Pemuda dan Olahraga kan karena ada Sport nya kami selaku And User mungkin nanti pengelolaan nya akan diserahkan ke Dinas Pemuda dan Olahraga," terangnya. 

BACA JUGA:Maling Ikan di KJA Lumbok Seminung, Tiga Pemuda Diciduk Polisi

Sebelumnya, Pembangunan Lampung Sport Center akan mulai dibangun tahun 2023 dan diperkirakan akan menelan dana sebesar Rp4,7 Triliun.

"Besaran Rp4,7 Triliun, dana kolaborasi APBN dan APBD,” Kata Wakil Gubernur Lampung Chusnunia Chalim (Nunik) usai meninjau lokasi pembangunan Lampung Sport Center di Kotabaru, Jati Agung, Lampung Selatan, Senin 20 Februari 2023 yang lalu.

BACA JUGA:Satgas 10 Pekon Kecamatan Air Hitam Ikut Simulasi Pemadaman Kebakaran

Ia menjelaskan, Lampung Sport Centre merupakan salah satu realisasi dari 33 program kerja Gubernur dan Wakil Gubernur Lampung untuk mewujudkan olahraga Lampung berjaya.

Kawasan Lampung Sport Center direncanakan akan dibangun di atas lahan seluas 170 hektar dengan beberapa kawasan prioritas yakni kawasan kesehatan internasional Bandara Radin Inten II, Bakauheni Harbour City, kawasan Teluk Lampung, Pusat Pemerintahan Provinsi Lampung dan Kawasan Industri Lampung.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: