Jelang Hari Raya Idul Adha, Polres Pesisir Barat Akan Pantau Hewan Kurban

Jelang Hari Raya Idul Adha, Polres Pesisir Barat Akan Pantau Hewan Kurban

Ilustrasi-freepik.com-

PESBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Menjelang Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah, Jajaran Polres Pesisir Barat (Pesbar) akan melakukan pemantauan terhadap hewan kurban yang ada di Kabupaten setempat. 

Pemantauan tersebut salah satunya untuk memastikan kondisi hewan kurban benar-benar aman dan layak untuk dikonsumsi.

Kasat Binmas Polres Pesisir Barat, Iptu Totok Tri W, mewakili Kapolres AKBP Alsyahendra, S.IK, M.H., mengatakan, kondisi hewan ternak seperti sapi, kerbau dan kambing yang akan dijadikan kurban di Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah, itu harus dalam kondisi sehat, dan layak untuk dikonsumsi. 

Karena itu, jajaran Polres Pesbar akan melakukan pemantauan di lapangan, baik kepada peternak, maupun kelompok ternak dan juga para penjual hewan kurban di Pesbar ini.

BACA JUGA:Terkait Pengawasan, Bawaslu Pesisir Barat Rakor Bersama Stakeholder

BACA JUGA:Satpol PP Lampung Barat Edukasi Masyarakat Tentang Pencegahan Dini Bencana Kebakaran

“Mengingat saat ini masih marak hewan ternak seperti sapi ternak itu yang terkena penyakit kulit atau penyakit Lumpy Skin Disease (LSD). Sehingga, kondisi tersebut juga harus menjadi perhatian bagi para peternak di Pesbar ini,” katanya, Selasa 20 Juni 2023.

Dijelaskannya, untuk menyikapi maraknya penyakit LSD seperti yang terjadi di Kabupaten Pesbar ini, maka jajaran Polres setempat melalui Bhabinkamtibmas akan turun ke Pekon-Pekon binaannya.

Tujuannya untuk menghimbau masyarakat terutama pemilik ternak agar rutin melakukan pengecekan kesehatan hewan ternaknya, sehingga itu dapat mencegah serangan penyakit LSD tersebut.

“Terutama hewan ternak yang akan dijadikan sebagai hewan kurban di Hari Raya Idul Adha nanti, tentu harus benar-benar dalam kondisi sehat, sehingga layak untuk dikonsumsi,” jelasnya.

BACA JUGA:Jelang Idul Adha 1444 H, Disbunnak Lampung Barat akan Lakukan Pemeriksaan Hewan Kurban

BACA JUGA:Dihadiri Camat Way Tenong, Pekon Sukananti Santuni Lansia dan Anak Yatim

Ditambahkannya, seluruh Bhabinkamtibmas yang bertugas di setiap Pekon yang tersebar di 11 Kecamatan se-Kabupaten Pesbar itu juga diharapkan saat melakukan pemantauan di lapangan, agar dapat memberikan imbauan kepada peternak maupun masyarakat yang memiliki hewan ternak agar tidak melepasliarkan hewan ternaknya ditempat-tempat umum. 

Itu bertujuan untuk mencegah dan mengantisipasi terjadinya tindak kejahatan dalam hal ini pencurian hewan ternak menjelang Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: