Jelang Idul Adha 1444 H, Disbunnak Lampung Barat akan Lakukan Pemeriksaan Hewan Kurban

Jelang Idul Adha 1444 H, Disbunnak Lampung Barat akan Lakukan Pemeriksaan Hewan Kurban

Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Lambar Yudha Setiawan, S.I.P--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Jelang Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriyah, Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) Kabupaten Lampung Barat akan melakukan pemeriksaan kesehatan hewan sebelum dipotong (ante mortem) terhadap hewan kurban yang ada di pedagang pengepul ternak kurban yang ada di wilayah Lampung Barat.

 

Pemeriksaan hewan kurban itu sebagai upaya untuk menjamin hewan tersebut telah memenuhi syarat untuk disembelih dan salah satu langkah antisipasi sebaran wabah penyakit.

 

BACA JUGA:Dihadiri Camat Way Tenong, Pekon Sukananti Santuni Lansia dan Anak Yatim

Mulai H-7 lebaran Idul Adha, petugas akan turun ke lapangan melakukan pemeriksaan kesehatan hewan kurban sebelum dipotong yang meliputi pemeriksaan fisik dari tanduk, telinga, cuping hidung, hingga bagian testisnya.

 

“Kegiatan pemeriksaan ini dilakukan untuk memastikan hewan yang dijual adalah hewan yang sehat, tidak cacat, dan layak untuk dijadikan hewan kurban secara syariat islam,” ungkap Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Yudha Setiawan, Selasa 20 Juni 2023.

 

BACA JUGA:Hafalkan Do'a Zakat Fitrah Ini untuk Anak Laki-laki

Dijelaskannya, petugas yang dilibatkan dalam pemeriksaan ini adalah petugas medis dan paramedis veteriner yang ada di Dinas Perkebunan dan Peternakan Lampung Barat serta Puskeswan di tingkat kecamatan yang diharapkan dapat menjangkau 15 kecamatan yang ada di Lampung Barat.

 

“Bagi masyarakat yang memiliki ternak hewan kurban dan ingin diperiksa oleh petugas agar dapat menghubungi petugas yang ada di Dinas Perkebunan dan Peternakan untuk dilakukan pemeriksaan,” tegasnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: