Stok Ternak di Lampung Barat Siap Potong Pada Idul Adha Sebanyak 1.703 Ekor

Stok Ternak di Lampung Barat Siap Potong Pada Idul Adha Sebanyak 1.703 Ekor

Ilustrasi-freepik.com-

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Dari total sebanyak 3.072 ekor ternak, baik sapi, kerbau, kambing dan domba di Kabupaten Lampung Barat, terdapat 1.703 ekor siap potong pada perayaan hari raya Idul Adha 1443 hijriah mendatang.

 

Kabid Peternakan pada Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) Lampung Barat Mochamat Budiarto mengatakan, berdasarkan hasil pendataan yang dilakukan pihaknya jumlah hewan ternak sebanyak 2.288 ekor, dengan rincian sapi sebanyak 406 ekor, kerbau tujuh ekor, kambing 2.288 ekor, dan domba sebanyak 371 ekor.

 

BACA JUGA:Penerimaan CPNS Formasi Dosen Dibuka September 2023, Ini Syaratnya

Dari hasil pendataan tersebut, kata Mochamat Budiarto, untuk jumlah hewan ternak yang siap dipotong, baik umur yang telah memenuhi syarat serta kondisinya yang sehat sebanyak 1.703 ekor yang terdiri dari sapi 240 ekor, kerbau tiga ekor, kambing 1.262 ekor kemudian domba 198 ekor.

 

"Jumlah ini berdasarkan jumlah hewan ternak yang ada di Lampung Barat yang telah kami lakukan pendataan," ungkap Mochamat Budiarto mendampingi Kepala Disbunnak Yudha Setiawan, Kamis 15 Juni 2023.

 

BACA JUGA:Warga Pesawaran Geruduk Kantor BPN Lampung, Minta Ukur Ulang HGU PTPN 7 Way Berulu

Hewan ternak tersebut, kata dia, selain merupakan hewan ternak milik peternak di Kabupaten setempat, juga didatangkan dari beberapa daerah seperti dari Pesisir Barat, Way Kanan, Lampung Utara, Lampung Tengah, Pringsewu bahkan ada yang berasal dari Kota Tangerang, Provinsi Banten.

 

"Jadi hewan ternak ini berasal dari beberapa daerah selain memang hasil ternak masyarakat Lampung Barat, seperti sapi itu ada yang didatangkan dari Pesisir Barat, kerbau dari Way Kanan dan Lampung Utara, kambing dari Lampung Tengah, Tangerang, Lampung Utara dan Pringsewu, kemudian domba berasal dari Lampung Tengah, Lampung Utara dan Way Kanan," bebernya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: