5 Puskesmas di Pesisir Barat Sudah Bisa Melayani USG Ibu Hamil

5 Puskesmas di Pesisir Barat Sudah Bisa Melayani USG Ibu Hamil

--

PESBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Dinas Kesehatan (Dinkes), Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), kembali menyiapkan alat ultrasonografi (USG), untuk lima Puskesmas rawat jalan di kabupaten setempat dalam rangka penurunan angka kematian ibu dan angka kematian bayi. 

Kabid Pelayanan Kesehatan dan SDK Meida Siswati mendampingi Kadiskes Pesbar Tedi Zadmiko, S.Km., mengatakan tahun ini pihaknya kembali menyiapkan alat USG untuk lima Puskesmas Rawat Jalan di kabupaten setempat dalam rangka memaksimalkan pelayanan kesehatan pada ibu hamil dan sejumlah penyakit lainnya.

"Lima Puskesmas yang menerima alat tersebut, seperti Puskesmas Pugung Tampak, Puskesmas Karya Penggawa, Puskesmas Pulau Pisang, Puskesmas Way Krui, dan Puskesmas Krui Selatan, hal itu untuk memaksimalkan pelayanan  kesehatan pada ibu hamil," kata dia.

Dijelaskannya  alat USG merupakan pengembangan metode screening dari konvensional ke teknologi canggih yang menggunakan gelombang suara frekuensi tinggi yang dipancarkan dari suatu penjejak pada suatu organ yang diperiksa.

BACA JUGA:10 Kota Terbesar di Indonesia Berikut Luas Wilayahnya

"Ultrasonografi mampu membantu mendeteksi peristiwa kehamilan dan berbagai kasus kehamilan dengan cepat dan akurat. Penggunaan metode screening dengan USG terhadap deteksi dini pada perawatan kesehatan kehamilan merupakan langkah maju di bidang kesehatan," jelasnya. 

Lanjutnya, penggunaan USG merupakan langkah tepat dalam mendukung kebijakan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dalam akselerasi untuk penurunan angka kematian ibu dan kematian bayi. 

Bahkan pihaknya langsung melakukan uji fungsi dan praktek langsung pemeriksaan ibu hamil menggunakan alat tersebut. 

"Kegiatan uji Fungsi dan training alat USG ini melibatkan Dokter dan  Bidan Puskesmas Lokus pengadaan alat USG tahun 2023, sebanyak lima Puskesmas," terangnya.

BACA JUGA:Jokowi Bakal Cawe-cawe dan Berikan Vote Buat Putri Ariani dalam Ajang AGT

Menurutnya, Puskesmas sebagai pelaksana penyelenggara pelayanan kesehatan dasar bagi ibu hamil akan semakin optimal. 

Deteksi dini permasalahan kehamilan proses persalinan bagi para dokter dan bidan di puskesmas lebih mudah dilakukan.

"Kami berharap seluruh Puskesmas di Kabupaten Pesisir Barat dapat memberikan pelayanan maksimal bagi pasien ibu hamil dengan prosedur sederhana namun efektif, aman dan berkualitas," pungkasnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: