Jelang Event Krui Pro, Polres Pesisir Barat Gelar Apel Pasukan Operasi Tuhuk Krakatau 2023

Jelang Event Krui Pro, Polres Pesisir Barat Gelar Apel Pasukan Operasi Tuhuk Krakatau 2023

--

PESBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Polres Pesisir Barat, pada Minggu 11 Juni 2023, menggelar apel pasukan operasi Tuhuk Krakatau 2023 dalam rangka pengamanan kegiatan event World Surfing League (WSL) Krui Pro QS5000 di kawasan wisata pantai Tanjung Setia, Kecamatan Pesisir Selatan, yang berlangsung pada 12-18 Juni 2023 mendatang.

Apel pasukan operasi Tuhuk Krakatau yang dipusatkan di lapangan Polsek Pesisir Selatan itu, dihadiri oleh Kapolres Pesisir Barat, AKBP Alsyahendra, S.IK, M.H., sekaligus memimpin apel, serta Dir Pamobvit Polda Lampung Kombes Joko Bintoro, S.IK., bertindak sebagai inspektur apel. 

Selain itu, hadir juga Wakil Bupati A.Zulqoini Syarif, S.H., Ketua DPRD Pesisir Barat Agus Cik, Dandim 0422/LB Letkol Czi Anthon Wibowo, S.T., Kabid Tik Polda Lampung Kombes Pol Arif Rifai, S.IK., Dir Polairud Polda Lampung Kombespol Sis Mulyono, S.H, M.H., Wadir Samapta Polda Lampung AKBP Andy Siswantoro, S.IK., serta jajaran Polres Pesisir Barat dan tamu undangan lainnya.

BACA JUGA:Kebakaran Hebat Landa Kawasan Padat Penduduk di Pesisir Barat

Dalam amanat Kapolda Lampung Irjen Pol Helmi Santika, S.H, S.IK., yang dibacakan Inspektur Apel, Dir Pamobvit Polda Lampung Kombes Joko Bintoro, S.IK., mengatakan, kegiatan apel gelar pasukan merupakan bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan operasi Tuhuk Krakatau 2023. 

Apel pasukan itu juga merupakan wujud nyata sinergitas Polri dengan stakeholder terkait dalam rangka mengamankan dan mensukseskan kegiatan WSL Krui Pro Tahun 2023.

“Seperti kita ketahui, kejuaraan surfing Internasional WSL Krui Pro QS5000 dan Junior Surfing ini merupakan kegiatan untuk mempertemukan para surfer terbaik dunia dalam kompetisi berdurasi satu minggu disertai rangkaian kegiatan penampilan seni budaya dan juga bazar UMKM yang ada di Kabupaten Pesisir Barat ini,” kata Joko Bintoro.

BACA JUGA:Pemkab Pesisir Barat Libatkan 43 UMKM dalam Event Krui Pro

Pelaksanaan WSL Krui Pro QS5000, lanjutnya, diikuti lebih dari 200 peselancar Internasional yang berasal dari berbagai negara di dunia seperti Australia, Jepang, Italia, Afrika Selatan, Brazil, Peru, Amerika Serikat, Perancis, Inggris, Spanyol, dan juga Indonesia. 

Yang akan dipusatkan di kawasan wisata Tanjung Setia, dimana secara administrasi berada di wilayah hukum Polres Pesisir Barat.

“Karena itu, dalam rangka menciptakan stabilitas Kamtibmas yang kondusif, mencegah dan menanggulangi terjadinya gangguan keamanan terhadap event WSL Krui Pro 2023, Polri bersama stakeholder terkait berkomitmen untuk melaksanakan pengamanan secara lebih optimal,” ungkapnya.

BACA JUGA:Dana Perimbangan di Lampung Barat Terealisasi Rp284 Miliar

Dikatakannya, dalam kegiatan apel gelar pasukan ini juga bertujuan untuk memantapkan dan mensiap-siagakan personel Polri dan instansi terkait dalam rangka kesiapan pengamanan kegiatan yang bersifat terbuka dengan mengedepankan fungsi operasional Kepolisian, guna mengantisipasi potensi gangguan keamanan secara nyata yang dapat berdampak terhadap citra Indonesia khususnya Kabupaten Pesisir Barat, Provinsi Lampung di mata dunia.

Ditambahkannya, Polda Lampung dan Polres lain sebagai pendukung siap membackup Polres Pesisir Barat serta ada Bawah Kendali Operasi (BKO) dari Mabes Polri, yang didukung TNI, Instansi terkait dan mitra Kamtibmas lainnya guna mendukung pelaksanaan operasi dengan sandi Tuhuk Krakatau 2023, selama sembilan hari terhitung mulai tanggal 11-19 Juni 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: