Dana Perimbangan di Lampung Barat Terealisasi Rp284 Miliar

Dana Perimbangan di Lampung Barat Terealisasi Rp284 Miliar

Kepala BPKD Lambar Ir. Okmal, M.Si--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Pemkab Lambar tahun ini menargetkan pendapatan daerah bersumber dari dana perimbangan sebesar Rp724 miliar lebih namun hingga akhir bulan Mei 2023 telah terealisasi sebesar Rp284 miliar lebih.

“Mudah-mudahan sebelum akhir tahun dana perimbangan dapat terealisasi sesuai dengan target,” ucap Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Ir. Okmal, M.Si.

BACA JUGA:Asyik, Libur Panjang Sekolah di Lampung Barat akan Segera Tiba, Ini Jadwalnya

Dipaparkannya, dana perimbangan merupakan pendanaan daerah yang bersumber dari APBN yang terdiri atas dana bagi hasil (DBH), dana alokasi umum (DAU) dan dana alokasi khusus (DAK). 

“Dana Perimbangan selain dimaksudkan untuk membantu daerah dalam mendanai kewenangannya, serta bertujuan untuk mengurangi ketimpangan sumber pendanaan,” kata dia.

BACA JUGA:Lowongan Kerja BUMN Terbaru, Ikuti Program Magang BINA BNI 2023

Lanjut dia, tujuan dana perimbangan adalah untuk membantu daerah dalam mendanai kewenangannya, juga bertujuan untuk mengurangi ketimpangan sumber pendanaan pemerintah antara pusat dan daerah serta untuk mengurangi kesenjangan pendanaan pemerintah.

Lebih jauh Okmal mengatakan, realisasi dana perimbangan sebesar Rp284 miliar itu, terdiri dari dana transfer umum-DBH Rp7,070 miliar dari target Rp16,941 miliar, dana transfer umum-DAU telah terealisasi Rp226 miliar dari target Rp509 miliar. 

BACA JUGA:Info Penting! Pemilik Kartu NPWP Harus Tahu Ini

Lalu, dana alokasi khusus (DAK) non fisik baru terealisasi Rp51,016 miliar dari target Rp143 miliar.

“Dari empat sumber tersebut, khusus untuk DAK fisik realisasinya belum ada namun ditargetkan sebesar Rp54 miliar lebih,” ucap Okmal.

BACA JUGA:Kebakaran Hebat Landa Kawasan Padat Penduduk di Pesisir Barat

Ia berharap dana perimbangan sebelum akhir tahun 2023 dapat terealisasi sesuai dengan target. 

“Mudah-mudahan realisasi sesuai dengan target,” harapnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: