Soal ‘Sop dan Sate Kambing Beracun’, Dinkes Belum Terima Hasil Uji Lab Sampel Feses

Soal ‘Sop dan Sate Kambing Beracun’, Dinkes Belum Terima Hasil Uji Lab Sampel Feses

Ilustrasi Uji Laboratorium-freepik.com-

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID  - Dinas Kesehatan (Dinkes) Lampung Barat, tengah menunggu hasil uji laboratorium terhadap sampel feses (sampel tinja) untuk mendeteksi masalah pada saluran pencernaan pada sejumlah orang yang diduga keracunan akibat makan sop dan sate kambing, pada acara touring dengan tema Sinergitas TNI-Polri, bertempat di Kecamatan Kebun Tebu pada Sabtu 3 Juni 2023 lalu.

 

Kepala Dinkes Lampung Barat dr. Widyatmoko Kurniawan, Sp.B., mengatakan, pihaknya telah mengambil tiga sampel feses dari tiga orang, sampel tersebut telah dikirim ke Laboratorium Kesehatan Daerah (Lamkesda) Provinsi Lampung.

 

BACA JUGA:'Sop dan Sate Kambing Beracun?' 30 Orang Bergejala, Dinkes Lampung Barat Ambil Sampel Feses

"Untuk hasilnya belum kami terima, mungkin dalam beberapa hari kedepan," ungkap Wawan---sapaan Widyatmoko Kurniawan.

 

Hasil dari uji laboratorium tersebut, kata dia, sangat penting untuk mengetahui penyebab sekitar 30 orang mengalami diare, pusing, demam dan muntah pasca mengkonsumsi sate dan sop kambing tersebut.

 

BACA JUGA:Korban 'Sop dan Sate Kambing', Kasat Lantas dan Anggota Dirawat di RSUDAU, Belasan Lainnya di Puskesmas

"Setelah hasil uji lab keluar baru kita tahu apa penyebab yang memicu 30 orang mengalami diare, dan juga gejala lain seperti demam, pusing dan juga muntah," katanya.

 

Selain itu, pihaknya juga mengumpulkan sampel-sampel lainnya,  yang nantinya juga akan dikirim ke Labkesda guna dilakukan uji lab.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: