'Sop dan Sate Kambing Beracun?' 30 Orang Bergejala, Dinkes Lampung Barat Ambil Sampel Feses

'Sop dan Sate Kambing Beracun?' 30 Orang Bergejala, Dinkes Lampung Barat Ambil Sampel Feses

Personil Polsek Sumber Jaya saat meninjau perserta touring yang dirawat di Puskesmas--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Dinas Kesehatan (Dinkes) Lampung Barat, mengambil sampel feses (sampel tinja) untuk mendeteksi masalah pada saluran pencernaan, pada sejumlah orang yang diduga keracunan akibat makan sop dan sate kambing, pada acara touring dengan tema Sinergitas TNI-Polri, bertempat di Kecamatan Kebun Tebu pada Sabtu 3 Juni 2023 lalu.

Berdasarkan hasil pendataan yang dilakukan Dinkes Lampung Barat, hingga Rabu 7 Juni 2023 total sebanyak 30 orang yang merupakan para rider dalam kegiatan touring tersebut yang mengalami gejala seperti diare, pusing, muntah dan juga menggigil.

Kepala Dinkes Lambar dr. Widyatmoko Kurniawan, Sp.B., mengatakan, 30 orang yang bergejala dimaksud telah menjalani perawatan di sejumlah Puskesmas, RSUD Alimuddin Umar dan juga menjalani rawat jalan.

 

BACA JUGA:Ramalan Zodiak Hari Ini 7 Juni 2023, Aquarius-Cancer, Waktunya Memanjakan Diri

Dari jumlah tersebut, kata dia, sebanyak tiga orang telah diambil sampel feses, kemudian sampel tersebut dikirim ke Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Provinsi Lampung untuk memastikan penyebab.

Selain itu, pihaknya juga tengah mengumpulkan sampel-sampel lainnya, yang nantinya juga akan dikirim ke Labkesda guna dilakukan uji lab.

"Kami sudah ambil sampel feses tiga orang, dan kami kirim ke Labkesda Provinsi, Insya Allah dalam tiga hari hasilnya bisa kita terima, sehingga bisa diketahui penyebab yang dialami oleh 30 orang tersebut," ungkap Wawan---sapaan Widyatmoko Kurniawan.

 

BACA JUGA:Ternyata Bahaya! Hindari Meninggalkan 4 Jenis Benda Ini Dalam Mobil saat Parkir, Nomor 2 Sering Kita Abaikan

Menurut Wawan, saat ini kondisi dari 30 orang yang sempat mengalami diare dan gejala lainnya tersebut sudah jauh lebih baik, setelah mendapatkan penanganan.

"Ada beberapa yang masih menjalani perawatan, tetapi alhamdulillah sebagian besar sudah sehat," kata Wawan menambahkan.

Untuk diketahui, acara touring sekaligus patroli wilayah tersebut diikuti oleh Kapolres Lampung Barat AKBP Heri Sugeng Priyantho, SIK., MH., Dandim 0422 Lambar Letkol Czi Anthon Wibowo, Ketua DPRD Edi Novial, S.Kom., bersama puluhan rider dari sejumlah kecamatan.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: