Jadi yang Pertama di Belalau, Pekon Kenali Salurkan BLT DD Tahap II

Jadi yang Pertama di Belalau, Pekon Kenali Salurkan BLT DD Tahap II

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Pemerintah Pekon Kenali, Kecamatan Belalau, Kabupaten Lampung Barat melakukan percepatan penyaluran bantuan langsung tunai dana desa (BLT DD) yang saat ini telah memasuki tahap kedua atau untuk alokasi bulan April, Mei dan Juni tahun 2023.

Diketahui, Pekon Kenali menjadi pekon pertama dari 10 Pekon di kecamatan Belalau yang telah merealisasikan BLT DD tahap kedua pada Rabu (7/6/2023).

BACA JUGA:Dinkes Lampung Lakukan Review dan Assesment Eradikasi Frambusia di Lampung Barat

Penyaluran yang berlangsung di balai pekon setempat itu dihadiri Sekcam Belalau Romuzi, S.I.P, Pj Peratin Selamat Putra, S.I.P., Ketua LHP Boy Adijaya, S.I.P, Babinsa Serka Joni, Pendamping Desa dan Kecamatan serta 26 Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Pj Peratin Kenali Selamat Putra mengatakan, penyaluran BLT DD tahun 2023 ini disalurkan berdasarkan Peraturan Menteri Desa, PDTT Nomor 8 Tahun 2022 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2023 salah satunya difokuskan untuk bantuan langsung tunai guna mendukung percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem.

BACA JUGA:Dua Destinasi Wisata di Lampung yang Wajib Dikunjungi

"Adapun kriteria KPM BLT DD ini diutamakan untuk keluarga miskin ekstrem, keluarga yang terdapat anggota keluarga rentan sakit menahun/kronis, keluarga dengan anggota rumah tangga tunggal lanjut usia, dan keluarga yang terdapat anggota keluarga difabel," jelasnya.

Berdasarkan hasil musdesus maka ditetapkan sebanyak 26 KPM sebagai prioritas penerima BLT DD tahun 2023 Pekon Kenali dan penyaluran tahap dua ini setiap KPM menerima bantuan tunai sebesar Rp900 Ribu untuk alokasi bulan April, Mei dan Juni.

BACA JUGA:Ramalan Zodiak Hari Ini 7 Juni 2023, Leo-Capricorn, Hindari Sifat Impulsif

Sehingga, Selamat Putra berpesan kepada seluruh KPM agar dapat memanfaatkan BLT DD tersebut sebaik mungkin terutama untuk membantu memenuhi kebutuhan pokok.

“Bergulirnya BLT DD ini adalah upaya pemerintah untuk membantu pemulihan ekonomi sekaligus penghapusan kemiskinan ekstrim, untuk itu manfaatkan bantuan ini sebaik mungkin dan tepat guna,” pesannya.

BACA JUGA:'Sop dan Sate Kambing Beracun?' 30 Orang Bergejala, Dinkes Lampung Barat Ambil Sampel Feses

Disisi lain, Sekcam Belalau Romuzi menambahkan penyaluran BLT DD tahun 2023 ini dalam rangka menjalankan amanat pemerintah pusat, dimana maksimal 25% dan minimal 10 persen alokasi dana desa tahun 2023 wajib disalurkan untuk bantuan langsung tunai. 

"Sehingga dengan telah tersalurnya bantuan tunai ini kami berharap agar dapat dimanfaatkan sebaik mungkin terutama untuk membantu memenuhi kebutuhan pokok sehingga bermanfaat untuk seluruh anggota keluarga," pesannya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: