Kenapa Mobil Baru Tidak Memiliki Handgrip pada Bagian Sopir? Ini Jawabanya

Kenapa Mobil Baru Tidak Memiliki Handgrip pada Bagian Sopir? Ini Jawabanya

--

MEDIALAMPUNG.CO.ID - Grab handle atau dengan kata lain handgrip atau dalam bahasa Indonesia, pegangan tangan yang biasa kita temukan pada kendaraan roda empat.

Dengan bahasa indonesia biasa kita sebut pegangan tangan, itu sering kita temukan pada mobil bekas atau kendaraan beroda empat produksi lama.

Handgrip ini atau pegangan tangan tersebut, biasanya terpasang pada bagian interior kendaraan beroda 4 atau mobil, tepatnya terletak di atas jendela di dekat kepala kita.

Handgrip, berfungsi untuk digenggam oleh setiap penumpang kendaraan bermobil. 

BACA JUGA:Produksi Kopi Lampung Barat Anjlok, Petani Minta Keringanan Utang Bank

Handgrip tersebut bisa dipegang penumpang pada saat mobil melaju dan melewati jalan-jalan yang dalam keadaan rusak atau ketika bermanuver seperti menikung dengan membelok cepat.

Saat memegang handgrip, posisi duduk penumpang bisa dijaga agar tidak miring serta bergeser akibat guncangan atau gaya sentrifugal yang muncul saat mobil berbelok dalam keadaan cepat.

Namun apabila kita perhatikan banyak kendaraan-kendaraan beroda empat atau mobil, produksi terbaru saat ini hampir menyeluruh tidak terpasang hand grip, atau pegangan tangan pada bagian pengemudinya.

Contohnya pada kendaraan terbaru seperti pada mobil. Toyota Kijang Innova Reborn, Daihatsu Terios, dan Honda Brio. Dan beberapa kendaraan lainya.

BACA JUGA:Didominasi Pelajar, Pengunjung Perpusda Lampung Barat Tembus 2.089 Orang

Pastinya sahabat medialampung yang melihat itu, bertanya-tanya, kenapa sih kok tidak ada handgrip atau grab handle di sebelah kanan atau di posisi supir. Nah, ini alasannya.

Jawabannya sederhana, seperti yang dilansir pada Otomotifnet.com, saat nyetir mobil tangan pengemudi tidak boleh memegang handgrip.

Sebab pada saat mengemudi kedua tangan sopir mesti harus selalu memegang setir demi keamanan dan keselamatan dalam berkendara.

Soalnya, kalau ada satu tangan yang memegang handgrip, maka pengemudi pasti akan kesulitan untuk memutar setir ke arah jalan yang dituju baik ke kiri atau ke kanan terlebih dalam posisi cepat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: