Puluhan Miliar Dana Desa Tahap I di Lampung Barat Cair

Puluhan Miliar Dana Desa Tahap I di Lampung Barat Cair

Achmad Slamet Subchan, Kepala Seksi Bank Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Liwa--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Sebanyak 110 pekon di Kabupaten Lambar telah mencairkan dana desa (DD) tahap I reguler dan mandiri (non BLT) tahun 2023.

Kasi Bank pada Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Liwa Achmad Slamet Subchan mengungkapkan, hingga Senin (5/6/2023) jumlah pekon yang telah cair DD tahap I reguler dan mandiri (non BLT) sebanyak 110 pekon dengan total dana sebesar Rp35.135.017.350. 

BACA JUGA:KPU Pesisir Barat Mulai Verifikasi Administrasi 297 Persyaratan Bacaleg

Sementara untuk BLT triwulan I untuk 131 pekon sebesar Rp3.736.800.000 dan BLT triwulan II sebanyak 109 pekon dengan jumlah dana Rp3.116.700.000. 

“Jadi total DD tahap I yang sudah cair sampai hari ini sebesar Rp41.988.517.350,” tegas Achmad mendampingi Kepala Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Liwa Kabupaten Lambar Maria Lucky Ariana, Senin (5/6/2023).

BACA JUGA:Kenapa Ya..? Pasca Touring Sinergitas TNI-Polri di Kebun Tebu, Banyak Peserta yang Diare

Lanjut dia, untuk DD tahap I non BLT DD masih ada 21 pekon lagi yang dananya belum cair karena belum ada pengajuan surat pengantar untuk pencairan dari Pemkab Lambar. 

“Kalau ada surat pengantar dari Pemkab Lampung Barat maka kita siap untuk memproses guna dilakukan pencairan dana melalui bank,” kata dia.

BACA JUGA:Masuk Kloter 57, Ini Jadwal Keberangkatan CJH Asal Pesisir Barat

Sementara itu, Kabid Pemerintahan Pekon Fauzan Ariadi mendampingi Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pekon (DPMP) Syaekhuddin mengatakan bahwa pihaknya telah merekomendasikan 131 pekon untuk pencairan DD tahap I baik itu DD reguler, mandiri maupun DD BLT.  

“Untuk DD tahap I ini, terakhir kita merekomendasikan delapan pekon ke BPKD guna dilakukan pencairan, rinciannya tujuh pekon untuk DD reguler dan satu pekon untuk mandiri. Saat ini masih dalam proses di BPKD,” pungkas dia. (lusiana)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: